Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

HUT RI Ke-76

Angkasa Pura I Resmikan Kawasan Tugu Malioboro Bandara Yogyakarta

Selasa, 17 Agustus 2021 21:51 WIB
Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi. (Dok. Angkasa Pura I)
Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi. (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero) meresmikan Kawasan Tugu Malioboro Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo (YIA) pada Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus ini.

"Peresmian kawasan Tugu Malioboro YIA ini merupakan salah satu perwujudan visi kami untuk menghadirkan Indonesia experience di bandara-bandara kelolaan, salah satunya di YIA ini," tutur Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, Selasa (17/8/2021). 

Peresmian Kawasan Tugu Malioboro YIA ini dilakukan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, Direktur JavaConnections - Art Management KRMT. Indro Kimpling Suseno, dan Bupati Kulon Progo Sutedjo di Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo, Selasa 17 Agustus 2021.

Faik Fahmi menegaskan, Angkasa Pura I senantiasa mendukung pengembangan perekonomian, pariwisata, dan budaya daerah yang dapat menunjang bisnis bandara yang berkelanjutan.

Baca juga : HUT Ke-76 RI, Menpora: Semoga Indonesia Makin Kuat Dan Terbebas Dari Pandemi

Pada peringatan yang ke-76 tahun Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini kata dia, Angkasa Pura I meresmikan pembukaan Kawasan Tugu Malioboro YIA sebagai persembahan bagi negara dalam mewujudkan komitmen inovasi layanan dan kontribusi terhadap perekonomian daerah.

"Pengembangan Kawasan Tugu Malioboro YIA merupakan bagian dari ikhtiar Angkasa Pura I untuk berkontribusi terhadap pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), ekonomi kreatif, budaya, dan pariwisata Yogyakarta, melalui kegiatan promosi hal-hal tersebut di YIA," ujarnya.

Kawasan Tugu Malioboro YIA, yang nantinya akan dioperasikan oleh JavaConnections - Art Management, merupakan duplikat ikon Kota Yogyakarta yaitu kawasan Malioboro dan Tugu.  

Di kawasan ini, para calon penumpang dan pengguna jasa bandara lainnya akan menikmati suasana menyerupai suasana Tugu Malioboro di Kota Yogyakarta, di mana selain terdapat duplikat Tugu Yogyakarta.

Baca juga : PUPR Persembahkan 3 Ruas Jalan Tol Baru

Juga dihadirkan sudut musik pengamen, stand oleh-oleh, stand lesehan, jajanan siap saji, sudut lukis wajah, stand makanan khas kering, becak shuttle, bonceng sepeda shuttle, gerobak dorong shuttle, dan lainnya.

Total terdapat 20 stand UMKM di Kawasan Tugu Malioboro YIA seluas 889,2 meter persegi yang dalam pengolaannya bekerja sama dengan JavaConnections - Art Management.

Adapun titik lokasi Kawasan Tugu Malioboro YIA terletak di gedung penghubung lantai mezzanine yang menghubungkan terminal penumpang dengan gedung parkir kendaraan YIA. 

Faik Fahmi menegaskan, sesuai dengan komitmen, YIA dibangun menjadi bandara yang membawa dan merepresentasikan unsur budaya, seni, dan pariwisata Yogyakarta.

Baca juga : Jelang HUT RI Ke-76, Media Amal Islami Berikan Santunan Untuk Dhuafa dan Anak Yatim

Sehingga dapat menciptakan kesan dan pengalaman yang kental dengan nuansa Yogyakarta.

"Dengan hadirnya berbagai fasilitas dan layanan YIA yang merepresentasikan nilai dan simbol Yogyakarta serta kekhasan infrastruktur YIA, maka YIA layak menjadi ikon baru Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)," katanya

Kehadiran Kawasan Tugu Malioboro ini menjadikan YIA sebagai bandara dengan sentra UMKM terbesar di Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.