Dark/Light Mode

Tunggu Keputusan The Fed, Rupiah Ketar-ketir

Kamis, 26 Agustus 2021 09:51 WIB
Rupiah dan dolar AS. (Foto: ist)
Rupiah dan dolar AS. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rupiah pagi ini loyo lagi. Ruoiah dibuka di level Rp 14.420 per dolar AS atau melemah 0,16 persen dibandingkan perdagangan kemarin sore di level Rp 14.397 per dolar AS.

Sebagian besar mata uang Asia mengalami penguatan. Won Korea Selatan menguat 0,01 persen, peso Filipina naik 0,04 persen, ringgit Malaysia melaju 0,14 persen, bath Thailand menguat 0,11 persen, dan Yen Jepang naik 0,02 persen.

Baca juga : Isu Tapering Makin Rame, Rupiah Kena Imbasnya

Indeks dolar AS terhadap enam mata uang saingannya naik 0,05 persen ke 92,868. Sementara nilai tukar rupiah terhadap euro menguat 0,19 persen ke level Rp 16.915, terhadap poundsterling Inggris juga naik 0,15 persen ke level Rp 19.781, dan terhadap dolar Australia juga menguat 0,35 persen ke level Rp 10.436.

Analis Pasar Uang, Ariston Tjendra melihat, pelemahan rupiah kali ini disebabkan oleh penantian pasar terhadap pidato Gubernur The Federal Reserves (The Fed) Jerome Powell. Terutama dalam simposium tahunan Jackson Hole akhir pekan ini. 

Baca juga : Isu Tapering The Fed Bikin Rupiah Rontok

Pidato Powell tersebut akan menyampaikan kebijakan moneter bank sentral AS itu. “Pasar cenderung konsolidasi menanti pengumuman tersebut. Akibatnya, sentimen di pasar pun tampak beragam,” ujarnya, Kamis (26/8).

Pasar kelihatannya kata Ariston, berkonsolidasi mengantisipasi pernyataan Gubernur The Fed Jerome Powell mengenai prospek kebijakan tapering tahun ini.

Baca juga : Jelang Akhir Pekan Rupiah Naik Tipis

Meski begitu, ia menuturkan pengendalian Covid-19 di dalam negeri yang mulai menunjukkan hasil menahan pelemahan nilai tukar rupiah lebih dalam.

“Nilai tukar rupiah berpeluang kembali tertekan tipis hari ini dengan potensi tekanan ke arah Rp 14.410 dengan potensi support di kisaran Rp 14.380 per dolar AS," jelasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.