Dark/Light Mode

Dukung Gernas BBI

BNI Gelar Program Entreprenuer Heroes

Sabtu, 28 Agustus 2021 08:15 WIB
Peluncuran Gernas BBI 2021 dengan tajuk Pelangi Sulawesi yang dilakukan secara virtual. (Arsip BNI).
Peluncuran Gernas BBI 2021 dengan tajuk Pelangi Sulawesi yang dilakukan secara virtual. (Arsip BNI).

 Sebelumnya 
Tak hanya itu, BNI juga berkolaborasi dengan Ke­menko Maritim & Investasi, Kementerian BUMN, Kemen­terian Luar Negeri, dan Ke­menterian Pariwisata & Eko­nomi Kreatif. Serta BUMN dan lembaga terkait untuk meluncurkan program Indone­sia Spice Up The World.

Terkait kinerja kredit pada UMKM, BNI tetap mencatat­kan kinerja positif di tengah tekanan pandemi. Sampai dengan Juni 2021, portofolio kredit UMKM BNI sebesar Rp 117 triliun, atau menyum­bangkan 20,7 persen dari total kredit Perseroan.

Baca juga : Dukung UMKM, BSI Gulirkan Program Beasiswa Wirausaha Muda Muslim

Portofolio kredit UMKM BNI tumbuh 9,15 persen se­cara year on year (yoy). Capaian ini mencerminkan upaya BNI mendukung UMKM un­tuk pulih dan bangkit mengatasi segala tantangan yang ada di masa pandemi ini.

Di kesempatan yang sama, Gernas BBI dengan tajuk Pelangi Sulawesi resmi di­luncurkan, kemarin. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian program Gernas BBI yang didukung beberapa kementerian, otoritas moneter, perbankan, serta pemerintah daerah. Ajang yang mengang­kat tema besar dari Sulawesi ke Mancanegara ini, mendo­rong kecintaan masyarakat Indonesia terhadap produk UMKM dalam negeri.

Baca juga : PII Gelar Program Secondment Kementerian Keuangan Periode II 2021

Menteri Koordinator Bi­dang Kemaritiman dan In­vestasi (Marves) Luhut Bin­sar Pandjaitan menuturkan, UMKM memiliki peran yang sangat krusial bagi perekono­mian. “Bagaimana pun per­ekonomian kita ditunjang oleh UMKM, backbone ekonomi kita adalah UMKM,” ujarnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berharap, dengan launch­ing Gernas BBI Pelangi Su­lawesi, produk artisan Su­lawesi menuju pasar global dapat maksimal. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.