Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PII Gelar Program Secondment Kementerian Keuangan Periode II 2021

Rabu, 4 Agustus 2021 12:10 WIB
Direktur Utama PT PII M. Wahid Sutopo saat kick off Program Secondment Periode II 2021. (Foto: Ist)
Direktur Utama PT PII M. Wahid Sutopo saat kick off Program Secondment Periode II 2021. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk meningkatkan sinergi kelembagaan serta meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Kementerian Keuangan dan Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan RI, pada (26/7), Kementerian Keuangan bersama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII melaksanakan kick off Program Secondment Periode II 2021.

Selain PT PII, program Secondment ini juga dilaksanakan oleh SMV Kemenkeu lainnya yaitu Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia/LPEI, Lembaga Manajemen Aset Negara/LMAN, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)/PT SMI dan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero)/PT SMF.

Program Secondment ini meliputi magang/praktik kerja, detasering (secondment), pelatihan atau pertukaran pegawai di lingkungan Kemenkeu dan SMV Kemenkeu. Pada periode II ini akan berlangsung selama tiga bulan dari Juli hingga Oktober 2021 mendatang.

Mengawali program ini, Kemenkeu melalui Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Sekretariat Jenderal (Setjen) dan SMV Kemenkeu pada Sabtu (24/2) telah melaksanakan kegiatan kick off meeting program Secondment yang pertama dan penandatanganan Nota Kesepahaman bersama dengan PT PII, PT SMI, PT SMF, LPEI dan LMAN yang dimaksudkan untuk memperluas cakupan Program Secondment kepada SMV Kementerian Keuangan.

Direktur Utama PT PII M. Wahid Sutopo menyampaikan pihaknya menyambut baik dan sangat mendukung program Secondment ini. Program ini mengenalkan para peserta Secondment aspek pengelolaan APBN dari sisi Kemenkeu dan aspek pengelolaan usaha dan mandat dari SMV Kemenkeu serta pola integrasi dalam mendukung kebijakan Kemenkeu ke depan.

Baca juga : KBRI Gelar Pameran Kuliner Dan Pagelaran Seni Indonesia Di Swiss

Dalam program Secondment ini, pihaknya akan memulai dengan tahapan untuk melakukan capacity building mengenai KPBU yang akan dilaksanakan IIGF Institute sebagai unit kerja PT PII yang selama ini telah berperan melakukan kegiatan riset, capacity building dan outreach tentang KPBU kepada stakeholder.

IIGF Institute telah menjadi Authorized Training Organization (ATO) dari APMG yang merupakan lembaga yang ditunjuk ADB & World Bank untuk melaksanakan diseminasi mengenai Public Private Partnership (PPP)/KPBU.  

"Melalui capacity building ini, peserta akan dapat mempelajari skema KPBU secara best practice internasional sesuai framework APMG sehingga dapat melanjutkan untuk program sertifikasi sebagai bekal pertama untuk peserta Secondment yang belum mengikuti program CP3P (PPP Certifications Program)," kata dia.

Lebih lanjut peserta berkesempatan untuk mempelajari bagaimana mekanisme penjaminan PT PII baik KPBU dan non KPBU, advisory, dan bagaimana kaitannya antara penjaminan PT PII sebagai single window penjaminan pemerintah dengan strategi pengelolaan APBN untuk mendorong percepatan penyediaan infrastruktur nasional.  

Kepala Biro SDM Kemenkeu Rukijo menyampaikan dukungan dari SMV Kementerian Keuangan salah satunya PT PII, utamanya untuk meningkatkan eksposur dan pemahaman peserta Secondment atas mandat PT PII sebagai SMV Kemenkeu dan bagaimana perannya dalam mendukung berbagai program pembangunan pemerintah khususnya di bidang infrastruktur dan penguatan ekonomi nasional.

Baca juga : Titah Basuki, Program Sejuta Rumah Tetap Berjalan Dengan Prokes

"Melalui secondment ini, kami berharap dapat dimunculkan pemikiran dan rekomendasi dari peserta secondment sehingga meningkatkan kinerja dari masing-masing unit di Kementerian Keuangan maupun SMV Kemenkeu," harapnya.

Tujuan Biro Sumber Daya Manusia Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan dalam menyusun program ini untuk para peserta adalah untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas, pengalaman, peningkatan pemahaman dan budaya kerja serta kontribusi pengetahuan dan pemahaman atas isu tertentu bagi organisasi yang bertujuan untuk transfer knowledge dan enrichment program.

Pada program Secondment ini, PT PII berperan sebagai pemberi materi dengan tema Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko. PT PII menyampaikan materi terkait proses bisnis PT PII yaitu Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha dan Penjaminan Pemerintah. Selain itu, PT PII juga akan membawakan materi terkait The APMG Public-Private Partnership Certification Program (CP3P) Foundation-Level, perserta akan diajak untuk mengikuti ujian sertifikasi yang akan difasilitasi Divisi IIGF Institute.

PT PII menugaskan beberapa karyawan untuk menjadi narasumber/mentor dalam program ini yang berasal dari berbagai divisi yaitu Divisi Inisiasi Bisnis, Legal and Compliance, Underwriting, Project Monitoring & Claim, Guidance and Consultations, Corporate Secretary & Communications, IT dan Human Capital. 

Di samping itu, sebagai rangkaian dalam pelaksanaan program ini, PT PII juga akan mengundang narasumber dari eksternal yang dinilai expert dalam bidangnya untuk turut serta menyampaikan materi kepada seluruh peserta terutama dalam diskusi studi kasus. Narasumber berbagi pengalaman dari perwakilan beberapa instansi dalam menjalankan proyek Kerjasama Pemerintah Badan Usaha dengan area pembelajaran adalah mengenai kompetensi PPP, KPBU di Indonesia dan Penjaminan Pemerintah.

Baca juga : Program Sharp Mapan, Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Petani Dimasa Pandemi

Sebagai informasi, pada program Secondment Kementerian Keuangan periode II ini, peserta berasal dari seluruh unit Eselon I Kementerian Keuangan dan SMV Kementerian Keuangan yaitu PT PII, PT SMI, LPEI, PT SMF, PT Geo Dipa dan LMAN dengan total peserta sejumlah 809 orang (Secondee 600 orang & Mentor 209 0rang).

Adapun untuk program Secondment dengan sub tema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha, terdapat 37 peserta dari Unit Eselon I Kementerian Keuangan yaitu Sekretariat Jenderal, DJA, DJPB, DJKN, DJPK, DJPPR, ITJEN, BKF dan BPPK. Selain itu, terdapat 3 karyawan PT PII yang mengikuti pembelajaran pada beberapa unit kerja Kemenkeu dengan sub-tema yang diikuti adalah Pengelolaan Kinerja SMV dari Divisi Human Capital PT PII, Pengelolaan Teknologi Informasi dari Divisi CSP-IT, dan Pengelolaan Fiskal dari Divisi Inisiasi Bisnis PT PII. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.