Dewan Pers

Dark/Light Mode

Bersama Sahabat-UMi Bangkit

PIP Siap Berikan Pinjaman Modal Usaha Rp 20 Juta Bagi UMKM

Rabu, 1 September 2021 11:17 WIB
Direktur Sistem Manajemen Investasi Ditjen Perbendaharaan, Ludiro. (ist)
Direktur Sistem Manajemen Investasi Ditjen Perbendaharaan, Ludiro. (ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pusat Investasi Pemerintah (PIP), Kementerian Keuangan meluncurkan kampanye “Bersama Sahabat-UMi Bangkit”. Kampanye ini untuk mendorong peningkatan ekosistem pinjaman para pelaku usaha, khususnya segmen Usaha Ultra Mikro (UMi).

Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah (PIP), Ririn Kadariyah menjelaskan, peluncuran program ini dilakukan untuk mendorong pelaku usaha kecil, menengah, dan mikro agar bisa tetap bertahan di masa pandemi.

“Di masa pandemi ini, hampir 50 persen pelaku usaha UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) terpaksa menutup usaha karena tergerusnya modal usaha yang tidak dibarengi dengan kenaikan permintaan,” tutur Ririn dalam peluncuran kampanye “Bersama Sahabat – UMi Bangkit” secara virtual, Rabu (1/9/2021).

Berita Terkait : Bertemu Airlangga, PM Singapura Puji Iklim Berusaha RI Makin Baik

Ririn menyatakan, kampanye “‘Bersama Sahabat – UMi Bangkit” bertujuan memperkuat Ekosistem UMi di Jawa dan Maluku Utara sebagai percontohan untuk daerah lain di Indonesia.

Penguatan ini dilakukan melalui kerjasama dengan beberapa pihak, baik dari lingkungan Kementerian Keuangan, akademisi, pihak swasta, dan lain-lain.

Beberapa program yang akan dilakukan antara lain program inkubasi UMi di Jawa Barat (Bandung Barat dan Majalengka) dan Jawa Timur (Malang), serta terbentuknya satu wadah untuk para pelaku usaha UMi di Maluku Utara.

Berita Terkait : Bersama Shopee Mall, Danone Berikan Inspirasi Memilih Nutrisi Bagi Keluarga

“Inkubasi UMi di Jawa Barat dilakukan dengan menggandeng Pusat Inkubator Bisnis Oorange Universitas Padjajaran,” katanya.

Dijelaskan, kegiatan pendampingan dilakukan terhadap 35 debitur UMi di Kabupatan Bandung Barat dan Majalengka.

Mereka diberikan pelatihan dalam hal peningkatan pengetahuan, perbaikan kualitas produk, legalitas produk, dan peningkatan pengetahuan digital.

Berita Terkait : Pertamina Salurkan Modal Usaha Kepada Ribuan UMKM Sektor Perikanan

Sementara inkubasi UMi di Jawa Timur dilakukan melalui kerjasama dengan Badan Inovasi dan Inkubator Wirausaha Universitas Brawijaya (BIIW-UB).
 Selanjutnya