Dark/Light Mode

Bersama Sahabat-UMi Bangkit

PIP Siap Berikan Pinjaman Modal Usaha Rp 20 Juta Bagi UMKM

Rabu, 1 September 2021 11:17 WIB
Direktur Sistem Manajemen Investasi Ditjen Perbendaharaan, Ludiro. (ist)
Direktur Sistem Manajemen Investasi Ditjen Perbendaharaan, Ludiro. (ist)

 Sebelumnya 
Pendampingan dan pelatihan oleh BIIW-UB dilakukan di kota Malang dan difokuskan pada dua hal, yaitu pengelolaan pemasaran digital dan pembukuan keuangan.

“Dari program inkubasi UMi yang telah dilakukan di Jawa Barat maupun di Jawa Timur, kedepannya Pusat Investasi Pemerintah akan fokus pada pengembangan-pengembangan debitur di area kluster yang akan menjadi acuan sebagai percontohan Kampung Umi,”imbuh Ririn.

Ririn menambahkan, melalui kampanye “Bersama Sahabat – UMi Bangkit” ini, pihaknya ingin meneruskan hasil positif kinerja Pusat Investasi Pemerintah pada tahun sebelumnya.

Baca juga : Bertemu Airlangga, PM Singapura Puji Iklim Berusaha RI Makin Baik

“Kegiatan ini juga merupakan bentuk nyata kami dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Agar semakin banyak pelaku usaha mikro yang naik kelas sehingga membawa manfaat bagi mereka secara pribadi, keluarga, maupun lingkungannya,” tegas Ririn.

Soal syarat calon debitur /pelaku usaha mendapatkan pinjaman, Ririn menegaskan syaratnya cukup mudah. Hanya dengan modal KTP elektronik, calon debitur sudah bisa mendapatkan modal usaha.

“Untuk Plafonnya maksimal 20 Juta rupiah,” kata Ririn.

Baca juga : Bersama Shopee Mall, Danone Berikan Inspirasi Memilih Nutrisi Bagi Keluarga

Dalam acara tersebut, Hadir Direktur Sistem Manajemen Investasi Ditjen Perbendaharaan, Ludiro. Ludiro menyampaikan pesan Direktur Jenderal Perbendaharaan Hadiyanto agar kampanye ini menjadi berita baik bagi para pelaku usaha Ultra Mikro (UMi) di Indonesia.

Ditegaskan, Pusat Investasi Pemerintah selama ini telah banyak membantu usaha Ultra Mikro di seluruh Indonesia dalam hal pinjaman. Agar mereka bisa terus menjalankan usaha.

“Selain dukungan pinjaman, Pusat Investasi Pemerintah juga memberikan bantuan lain seperti pelatihan dan pendampingan dalam hal pemasaran, keuangan, masalah legal, digitalisasi, dan lain- lain,” ujar Ludiro.

Baca juga : Pertamina Salurkan Modal Usaha Kepada Ribuan UMKM Sektor Perikanan

Ia juga menegaskan, program-program yang dilakukan Pusat Investasi Pemerintah diharapkan bisa lebih berdaya guna dan mendukung percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional seperti tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 23/2020. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.