Dark/Light Mode

Global Sukses Solusi Tawarkan Saham Sampai 6 September

Jumat, 3 September 2021 13:04 WIB
RUN System PT Global Sukses Solusi. (Foto: Ist)
RUN System PT Global Sukses Solusi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Global Sukses Solusi Tbk makin berkembang seiring tren digitalisasi. Perusahaan yang bergerak di bidang penyedia solusi  software Enterprise Resource Planning (ERP) ini melakukan Penawaran Umum Perdana Saham atau Initial Public Offering (IPO).

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Selasa (31/8) lalu telah memberikan pernyataan efektif kepada PT Global Sukses Solusi Tbk untuk melakukan IPO sebanyak 196.800.000 saham biasa atas nama dengan nilai nominal Rp 4. Dengan diperolehnya izin efektif dari OJK tersebut, Perseroan sejak Kamis (2/9) hingga 6 September 2021 melakukan Penawaran Umum Perdana Saham dengan harga Rp 254,- per saham. Dengan demikian, Perseroan akan meraih total dana dari IPO sebesar Rp 49,987 miliar.

Direktur Utama PT Global Sukses Solusi Tbk Sony Rachmadi Purnomo menjelaskan, perseroan akan melakukan penjatahan pada 6 September 2021. Lalu untuk distribusi saham secara elektronik pada 7 september.

Baca juga : ASTON Priority Simatupang Hotel, Tawarkan Pernikahan Aman dan Nyaman Selama Pandemi

"Kemudian kami lakukan listing di PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 8 September 2021," kata Sony dalam keterangannya, dikutip Jumat (3/9).

Sony mengungkapkan, dengan keluarnya ijin efektif dari OJK maka perseroan akan mengukir milestone di tahun 2021 ini, sebagai perusahaan publik.

"Sebentar lagi, kami akan menjadi perusahaan terbuka, sehingga kami harus bekerja lebih keras lagi untuk menghasilkan kinerja yang terus bertumbuh dan berkelanjutan demi kepentingan pemegang saham dan stakeholders," ungkapnya.

Baca juga : Jadwal Pemilu Dan Pilkada Ditetapkan Awal September

PT Global Sukses Solusi Tbk akan menjual saham sekitar 20,01 persen dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan setelah IPO. Peseroan juga akan mencatatkan seluruh saham biasa atas nama pemegang saham sebelum penawaran umum perdana saham sejumlah 786.757.875 saham.

Sehingga jumlah seluruh saham yang akan dicatatkan di PT Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah sebesar 983.557.875 saham biasa atas nama atau 100 persen dari modal disetor penuh sesudah penawaran ini.

PT Global Sukses Solusi Tbk memiliki kegiatan usaha utama bergerak di bidang penyedia solusi software Enterprise Resource Planning (ERP) yang lengkap. Perseroan memiliki empat jenis produk yaitu Run System yang merupakan ERP software, Run Market yaitu enterprise internediary platform, Run iProbe (HR enterprise solution system) dan iKas yaitu point of sales platform.

Baca juga : Risma Cerita, Terima Berkas Pengaduan Sampai Satu Meter

Dari sisi kinerja, perusahaan makin berkembang. Kinerja operasional menunjukkan peningkatan dan pertumbuhan ditunjukkan dengan kinerja per Desember 2020, pendapatan usaha Perseroan mengalami peningkatan sebesar Rp 16,874 miliar atau meningkat sebesar 300,37 persen dibandingkan dengan tahun 2019.

Totalnya meningkat dari Rp 5,618 miliar menjadi Rp 22,492 miliar. Kenaikan tersebut terutama disebabkan oleh peningkatan penjualan RUN System kepada pihak berelasi yaitu PT Metranet. Capaian laba bersih tahun berjalan Perseroan juga meningkat sebesar 272,73 persen  tahun 2020 menjadi Rp 7,705 miliar dari Rp 2,067 miliar.

Begitu juga EBITDA melonjak dari 61,48 persen pada tahun 2019 menjadi 387,15 persen pada tahun 2020.  Peningkatan pendapatan perseroan didorong oleh lonjakan nilai kontrak yang didapat perusahaan. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.