Dark/Light Mode

Imbas Harga Naik

Rokok Nggak Laku, Kasian Nasib UMKM...

Jumat, 3 September 2021 22:15 WIB
Ilustrasi vape. (Foto: Ist)
Ilustrasi vape. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Sektor ritel, koperasi bahkan sampai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pun akan terdampak jika cukai dan harga rokok naik. "Karena distribusi rokok di Indonesia mayoritas dilakukan melalui jaringan ritel dan UMKM tradisional," jelasnya.

Celakanya, saat ini ritel koperasi dan UMKM Indonesia yang tengah berjuang sekuat tenaga akibat penurunan omset rata-rata 50 persen hingga 60 persen selama pandemi justru akan kembali terpukul dengan rencana kenaikan pita cukai rokok. Nasib UMKM jadi lebih memprihatinkan.

Baca juga : Menkop Yakin Banyak Lahirkan Koperasi Dan UMKM Unggul

Wakil Ketua Umum DPP Asosiasi Koperasi Ritel Indonesia (AKRINDO) Anang Zunaedi menjelaskan, selama ini, rokok adalah produk yang berkontribusi besar kepada pendapatan koperasi, UMKM, serta pedagang eceran.

Naiknya cukai dan harga rokok selanjutnya akan mempengaruhi modal usaha dan pendapatan pelaku ritel koperasi dan UMKM.

Baca juga : MPSI Ngarep Tarif Cukai Rokok Nggak Naik

Harga rokok yang makin tinggi sejalan dengan kenaikan cukai, tidak hanya melemahkan daya beli konsumen namun turut mempengaruhi daya jual pedagang.

"Produk rokok dibeli pedagang dengan uang tunai. Bila terjadi kenaikan harga rokok, dampaknya akan mempersulit pedagang mengelola keuangan," tutur Anang.

Baca juga : Kematian Harian Naik 1.041, DKI Nggak Masuk 10 Besar

Menurutnya pedagang harus menyiapkan dana ekstra untuk kulakan. Bukan hanya konsumen yang kesulitan, pedagang dan peritel akan mengalami penurunan daya jual. "Kasihan nasib UMKM. Ini sangat disayangkan," cetus Anang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.