Dark/Light Mode

Ditemui Menko Airlangga Di Bumi Cendrawasih

Jebolan Kartu Prakerja Jadi Pedagang Online…

Senin, 6 September 2021 06:30 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Temu Alumni Program Kartu Pekerja di Kota Sorong, Jumat (3/9). (Foto: Dok. ekon.go.id).
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Temu Alumni Program Kartu Pekerja di Kota Sorong, Jumat (3/9). (Foto: Dok. ekon.go.id).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah memastikan program Kartu Prakerja memberikan dampak positif untuk perekonomian rakyat kecil. Sebab, tidak sedikit peserta kini sukses menjadi wirausaha setelah menerima pelatihan tersebut.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, secara nasional dari gelombang 1-10, penerima manfaat Kartu Prakerja berjumlah 10.081.935 dari pendaf­tar sebanyak 69.311.037 orang.

“Khusus untuk Provinsi Papua, selama 19 gelombang ter­catat 225.051 orang pendaftar. Dan, pendaftar yang diterima sebanyak 77.796 orang,” ungkap Airlangga, dalam keterangan­nya, kemarin.

Khusus untuk Kota Jayapura, lanjutnya, tercatat ada 35.064 orang pendaftar. Dan, pendaftar yang diterima ikut program Kartu Prakerja sebanyak 14.661 orang.

Berita Terkait : Menko Airlangga: Kartu Prakerja Bantu UMKM Tingkatkan Skill Dan Usaha

Airlangga membeberkan khusus data penerimaan manfaat Kartu Prakerja, Sabtu (4/9), saat mengunjungi Bumi Cendera­wasih. Airlangga bertemu dengan para penerima Kartu Prakerja. Di antaranya, Verly Nomi Pelmelai, penerima Kartu Prakerja yang belum lama ini ke Istana Negara. Verly mengikuti program pelatihan Berdandan untuk Diri Sendiri.

Menurut Verly, pelatihan itu sangat berguna bagi di­rinya. Karena, dia bisa mengap­likasikannya langsung kepada anaknya sendiri. Hasilnya, puterinya juara lomba.

“Anak saya meraih Juara IIdalam kontes Puteri Cilik Papua,” ujarnya.

Selain itu, Verly mengikuti pelatihan Microsoft Excel. Menu­rutnya, ilmu yang diadapatkan membantu pekerjaannya sebagai bendahara gereja yang harus membuat laporan secara berkala.

Berita Terkait : Menko Airlangga Dengarkan Kisah Sukses Penerima Kartu Prakerja

Verly merupakan peserta Kar­tu Prakerja Gelombang ke-6. Dia kini menjadi alumni aktif dalam forum alumni Kartu Prakerja. Dan, menjadi salah seorang pelopor menjalin komunikasi para alumni.

Selain Verly, Airlangga ber­temu penerima program Kartu Prakerja lainnya bernama John Wempi Wona. Menurut Air­langga, lelaki berusia 40 tahun itu kini berwirausaha online, menjual berbagai jenis barang. Seperti busana wanita, tas wanita, aksesoris wanita, kosmetik, dan ramuan tradisional.

“Mengambil barang dari Ja­karta dan Surabaya, jualannya di Papua” ungkap Airlangga.

Dalam program Kartu Prakerja, John mengikuti beberapa pelatihan. Antara lain, pelatihan Sukses Jualan Online di Mar­ketplace, Kursus Akuntansi Dasar dan Keuangan Bisnis-Bersertifikat, dan Bisnis Rumahan/ Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Baca Juga : Pamela Bowie, Nyaman Hidup Sendiri

Untuk mendukung pengembangan usaha, Pemerintah mem­berikan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank Nasional Indonesia (BNI) senilai Rp 30 juta. Modal ini rencananya akan digunakan untuk mengembang­kan usaha dan menjual merchan­dise PON XX 2020 yang akan berlangsung bulan depan. [NOV]