Dark/Light Mode

Bantu Tangani Pandemi

Pelni Sulap Kapal Jadi Tempat Isolasi

Kamis, 22 Juli 2021 07:51 WIB
Pelni siapkan Kapal Umsini jadi tempat isolasi apung pasien Covid-19. (Foto : ANTARA NEWS).
Pelni siapkan Kapal Umsini jadi tempat isolasi apung pasien Covid-19. (Foto : ANTARA NEWS).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelayaran Nasional Indo­nesia (Persero) atau Pelni me­nyiapkan Kapal Motor (KM) Umsini, sebagai tempat isolasi apung pertama bagi pasien Co­vid-19 di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Upaya tersebut dilakukan dalam menindaklanjuti permin­taan Walikota Makassar, untuk menggunakan kapal Pelni sebagai tempat isolasi apung skala kota. Hal ini seiring lonjakan kasus Covid-19 yang terkonfir­masi aktif di Makassar.

Atas dukungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, KM Umsini yang kini tengah berhen­ti beroperasi. Untuk sementara waktu (portstay) akan difungsi­kan menjadi temapat isolasi bagi pasien Covid-19 tanpa gejala hingga yang bergejala ringan.

Direktur Utama PT Pelni In­san Purwarisya L Tobing mengatakan, Pelni siap membantu Pemerintah menekan kurva pe­nyebaran Covid-19 di Indonesia. Menurutnya, kapal Pelni disiap­kan karena terbatasnya ruang iso­lasi. Dipastikannya, KM Umsini sebagai tempat isolasi memenuhi standar kesehatan yang berlaku.

Baca juga : Yuk, Bareng-bareng Taklukan Corona!

“Perusahaan yakin dapat mendukung Pemkot Makassar dalam upayanya mengendalikan penyebaran Covid-19 secara optimal,” kata Insan dalam keterangan resminya, kemarin.

Insan menuturkan, selama digunakan sebagai lokasi iso­lasi apung, kapal akan berlabuh di sekitar Pulau Lae Lae. KM Umsini memiliki daya tampung untuk 804 pasien dan 60 tenaga kesehatan, yang disediakan Pemkot Makassar.

Jumlah tersebut sesuai dengan kebijakan 50 persen dari kapasitas kapal. Sehingga protokol kesehatan di atas kapal tetap terlak­sana. Kru kapal yang bertugas di atas kapal juga akan diganti (rolling) setiap dua minggu sekali.

Selama kegiatan isolasi di atas kapal Pelni berlangsung, kata Insan, perusahaan akan menyediakan beberapa fasilitas umum seperti tempat tidur, po­liklinik, dan jogging track. Akses menuju top deck akan diberikan, sehingga dapat dimanfaatkan oleh pasien sebagai area terbuka untuk berjemur dan berolahraga.

Baca juga : Bantu Pemkot Makassar, Pelni Kirim Kapal Umsini Buat Isoman

Melalui fasilitas yang tersedia, diharapkan pasien merasa nya­man selama menjalankan masa isolasi mandiri di atas kapal. “Sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan serta me­ningkatkan imun pada pasien Covid-19,” harap Insan.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, KM Umsini telah berada di Pelabuhan Makassar sejak Rabu (14/7). Dan kini telah memasuki tahap persiapan. Deck ekonomi yang akan dipergunakan sebagai tempat tidur pasien juga telah dipasang sekat antar bed.

Pemkot Makassar saat ini masih mempersiapkan kesiapan tenaga medis. Serta fasili­tas penunjang lainnya untuk dimuat di atas kapal termasuk alat hepafilter.

Untuk diketahui, KM Umsini merupakan salah satu dari 26 ka­pal penumpang yang dioperasikan oleh PT Pelni dan menyinggahi Makassar dalam rute pelayaran­nya. Kapal berkapasitas 2 ribu pax ini memiliki rute reguler Kijang-Tanjuk Priok-Surabaya-Makassar-Maumere-Larantuka-Lewoleba-Kupang (PP).

Baca juga : Mahfud MD: Tangani Pandemi, Pemerintah Butuh Ulama

Selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyara­kat (PPKM) Darurat berlang­sung, KM Umsini termasuk salah satu kapal yang melakukan portstay akibat dari penutupan sejumlah wilayah. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.