Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jelang PON XX Papua 2021,Telkom Siapkan Infrastruktur Kelas Dunia

Senin, 6 September 2021 10:42 WIB
Ketua Harian PB-PON Yunus Wonda (tengah) bersama Direktur Network dan IT Solution Telkom Herlan Wijanarko (kiri), Direktur Enterprise dan  Business Service Telkom Edi Witjara (kedua dari kiri) dalam acara Rehearsal Test Kesiapan Telkom melayani komunikasi dan menjamin tersedianya jaringan internet yang stabil selama PON XX Papua 2021 di Jayapura, Kamis (2/9)
Ketua Harian PB-PON Yunus Wonda (tengah) bersama Direktur Network dan IT Solution Telkom Herlan Wijanarko (kiri), Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Edi Witjara (kedua dari kiri) dalam acara Rehearsal Test Kesiapan Telkom melayani komunikasi dan menjamin tersedianya jaringan internet yang stabil selama PON XX Papua 2021 di Jayapura, Kamis (2/9)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Telkom Indonesia memastikan kelancaran komunikasi dan konektivitas internet selama Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua 2021.

Operator merah putih ini telah menyiapkan infrastruktur kelas dunia untuk perhelatan nasional di Ufuk Timur Indonesia, dengan menjamin tersedianya jaringan internet yang stabil selama PON XX di Papua 2021. 

“Kami pastikan jaringan telekomunikasi PON XX Papua 2021 telah siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan seluruh kontingen serta masyarakat. Telkom juga telah membuat sistem pencadangan (backup) 99,99 persen untuk mendukung kelancaran konektivitas selama berlangsungnya PON XX Papua 2021 pada 2-15 Oktober 2021,” kata Direktur Network dan  IT Solution Telkom Indonesia, Herlan Wijanarko melalui keterangannya, Seni (6/9).

Direktur Enterprise Dan Business Service Telkom, Edi Witjara menambahkan, Telkom telah membentuk sebuah Gugus Tugas yang beranggotakan lebih dari 900 orang yang terdiri dari teknisi khusus, di samping dukungan teknisi maupun expert reguler yang ada di Papua dan area lainnya di Indonesia. 

Ratusan personel itu bertugas setiap hari di 49 venue dari empat kabupaten/kota lokasi penyelenggaraan yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. 

Baca juga : PON Papua Ke-20, Telkom Maksimalkan Peran TIK

Selain memastikan keamanan dan kesiapan jaringan di empat kabupaten/kota penyelenggara PON XX Papua 2021, Gugus Tugas Telkom juga bertugas melakukan mitigasi risiko pada Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SMPCS) yang di dalamnya terdapat jaringan Palapa Ring Timur, satelit, menara radio, serta kabel bawah laut.

“Monitoring sistem dan jaringan telah dilakukan perusahaan secara hybrid, dengan mengandalkan tenaga manusia dan robot yang memanfaatkan teknologi RPA (Robotic Process Automation) dan machine learning,” ujar Edi.

Sedangkan metode smart monitoring diterapkan untuk mempercepat penanganan apabila terjadi gangguan, dan memastikan seluruh sistem bisa berjalan secara baik sesuai fungsinya.

Selain menyiapkan infrastruktur jaringan komunikasi, Telkom juga menyediakan access point internet nirkabel (WiFi), untuk mendukung kelancaran konektivitas internet selama PON XX Papua 2021 berlangsung. 

Kemudian, Telkom telah menyiapkan 891 titik WiFi yang tersebar di seluruh arena pertandingan PON XX Papua 2021, ruang publik, dan bisa diakses masyarakat secara gratis. Ratusan titik WiFi yang disediakan Telkom memiliki kapasitas bandwidth lebih dari 100 Gbps.

Baca juga : Jelang PON Papua, KONI DKI Pastikan Seluruh Kontingen Siap Tanding

Selain itu, Telkom menyediakan 379 unit fasilitas sambungan internet berbasis kabel (fixed broadband) IndiHome. 

Ratusan perangkat IndiHome ini disediakan Telkom pada beberapa lokasi vital, termasuk wisma atlet, untuk memenuhi kebutuhan kontingen yang akan bertanding.

Beragam layanan telekomunikasi digital sudah disiapkan untuk menjamin kelancaran penyelenggaraan PON XX Papua 2021. 

Layanan yang disiapkan di antaranya servis mobile telecommunication melalui Telkomsel, penyediaan jaringan internet privat untuk kebutuhan keamanan dan sistem informasi, serta layanan internet wireless melalui ratusan titik WiFi.id di berbagai tempat. 

“Kami juga menyiapkan jaringan cadangan via Satelit, Radio IP Long Haul, dan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) yang disewa khusus via Jaringan Papua-New Guinea & Guam Amerika (IPLC) sebagai backup jaringan eksisting,” ujarnya.

Baca juga : Jelang PON XX Papua, Atlet Sepak Takraw DKI Gelar Latihan Di Ciloto

Bantuan yang diberikan Telkom tidak sebatas untuk menjamin kelancaran koneksi dan komunikasi selama PON XX Papua 2021 berlangsung. 

Perusahaan juga turut memberikan bantuan untuk sektor olahraga dan pendidikan di Papua, agar pembangunan SDM di sana dapat berjalan semakin optimal ke depannya.

Bantuan yang diberikan melalui program Charity Telkom Peduli Papua berupa pengadaan peralatan olahraga dan layanan internet IndiHome selama setahun kepada Sekolah Sepak Bola (SSB) Batik Jayapura, serta bantuan pembangunan laboratorium komputer dan layanan internet selama setahun untuk SMK Harapan Timika dan SMA YPPK Yos Sudarso. Total bantuan yang diberikan Telkom melalui program ini mencapai Rp 300 juta.

“Kami berharap bantuan ini bisa bermanfaat dan membantu percepatan pembangunan SDM di Bumi Cenderawasih. Peningkatan kualitas SDM harus terus dilakukan, tidak hanya di Papua, tapi juga seluruh daerah, untuk mempercepat proses pembentukan masyarakat digital. Keberadaan masyarakat digital menjadi prasyarat penting untuk menciptakan kedaulatan digital di Indonesia,” ujar Edi. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.