Dark/Light Mode

Menteri Teten: KUR Bunga Rendah Bantu UMKM Bertahan

Kamis, 9 September 2021 20:55 WIB
Menteri Teten: KUR Bunga Rendah Bantu UMKM Bertahan

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan, pemerintah terus memberikan dukungan terhadap UMKM. Di sektor Kredit Usaha Rakyat (KUR), Pagu KUR saat ini Rp 253 triliun naik dibandingkan tahun lalu sebesar Rp 220 triliun dengan bunga 3 persen.

Selain itu, telah diputuskan untuk meningkatkan plafon KUR tanpa jaminan dari Rp 50 juta menjadi Rp 100 juta. Tidak hanya itu, perpanjangan subsidi bunga 3 persen juga diberikan pemerintah sampai Desember 2021.

Baca juga : Menko Airlangga: Kartu Prakerja Bantu UMKM Tingkatkan Skill Dan Usaha

"Dengan bantuan KUR berbunga rendah ini, kami berharap UMKM bisa meningkatkan produktivitasnya sehingga mereka bisa naik kelas," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (9/9).

Namun di sisi lain, Teten mengakui, saat pandemi Covid-19, sektor UMKM menjadi salah satu yang terdampak sehingga sekitar 500 ribu pelaku usaha gulung tikar. Untuk itu, pemerintah saat ini bekerja keras untuk membantu UMKM, agar bisa tetap bertahan di tengah pandemi melalui penyediaan dana murah.

Baca juga : PNM Mekaar Medan Ingin Wujudkan UMKM Berkelanjutan

"Alhamdulillah UMKM yang gulung tikar menurut data BPS tidak sebesar yang diprediksi ADB (Asian Development Bank) yang dikatakan mencapai 50 persen atau 30 juta UMKM. Jumlah UMKM kita yang gulung tikar sekitar 500 ribu akibat pandemi," ujar Teten.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.