Dark/Light Mode

Kandungan Nikel Melimpah Di Tanah Air

Bos Kadin Optimis RI Jadi Produsen Baterai Mobil Listrik Terbesar Dunia

Rabu, 15 September 2021 17:20 WIB
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid. (Foto: Dok. Kadin Indonesia)
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid. (Foto: Dok. Kadin Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid optimistis Indonesia bakal menjadi produsen baterai mobil listrik terbesar di dunia.

Optimisme tersebut disampaikan Arsjad, seiring dengan mulai dilakukannya pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Asia Tenggara, di Indonesia. Lokasi pembangunan pabrik tersebut di Karawang, Jawa Barat, dengan investasi mencapai 1,1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 15,95 triliun.

Baca Juga : Komunikasi Pemerintahan Pengaruhi Disiplin Prokes Melawan Covid-19

Peletakan batu pertama pembangunan pabrik (ground breaking) ini dilakukan Presiden Jokowi, Rabu (15/09).

Presiden mengatakan, pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik di Tanah Air merupakan wujud keseriusan Pemerintah melakukan hilirisasi industri.

Baca Juga : Masih Ditopang Brio, Honda Jual 7.341 Mobil Selama Agustus

“Indonesia harus berani mengubah struktur ekonomi yang selama ini berbasis komoditas, agar bisa menuju hilirisasi dan menjadi negara industrial yang kuat dengan berbasis pada pengembangan inovasi teknologi,” ungkap Jokowi.

Jokowi menekankan, strategi bisnis besar Indonesia adalah keluar secepatnya dari jebakan negara pengekspor bahan mentah.

Baca Juga : Pemkab Tangerang 10 Kali Berturut-turut Raih WTP, Wabup: Ini Hasil Kerja Bersama

"Melepaskan ketergantungan pada produk-produk impor dengan mempercepat revitalisasi industri pengolahan, sehingga bisa memberikan peningkatan nilai tambah ekonomi yang semakin tinggi," kata Jokowi.
 Selanjutnya