Dark/Light Mode

Beberkan Multiplier Effect

Gaikindo: Everybody Happy Diskon PPNBM

Minggu, 26 September 2021 06:30 WIB
ilustrasi stimulasi berupa potongan tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah. (Foto: Istimewa).
ilustrasi stimulasi berupa potongan tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
“Ini yang saya katakan mul­tiplier effect. an saya bisa bilang semua everybody hap­py kok,” cetusnya.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid menyambut baik keputusan Pemerintah memperpanjang diskon pa­jak PPnBM.

Baca juga : Bansos Efektif Bikin Warga Mau Divaksin

Menurutnya, keputusan terse­but sangat tepat, karena tidak hanya akan berpengaruh positif terhadap sisi permintaan, tapi juga terhadap peningkatan produksi.

“Hal ini (diskon PPnBM) minimal akan dapat mempertah­ankan penjualan domestik kita, menjaga daya beli, dan semoga bisa ada kenaikan produksi juga,” ujarnya.

Baca juga : Jenderal Listyo Happy Banget

Bos Indika Energy ini ber­harap, kebijakan tersebut di­harapkan dapat mendorong kinerja ekspor. Karena pabrik bisa memproduksi dalam volume lebih besar sehingga cost dapat terkontrol yang akhirnya bisa menghasilkan keuntungan.

“Kami optimistis industri ken­daraan bermotor bisa kembali bangkit, karena kebijakan ini tentu akan berdampak positif pula untuk penyerapan tenaga kerja,” ucapnya.

Baca juga : Penjualan Mobil Naik Lagi, Gaikindo Happy

Sekadar informasi, penjualan mobil pada periode Agustus tercatat mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Gaikindo mencatat penjualan mobil wholesale (yaitu pen­jualan dari pabrik ke dealer) pada Agustus 2021 tumbuh 25 persen secara bulanan (month-to-month/mtm) dengan pen­jualan sebanyak 83.319 unit. Sementara secara tahunan, pen­jualan mobil pada Agustus 2021 tercatat tumbuh signifikan, sebe­sar 123,5 persen (year-on-year/ yoy), dibandingkan dengan kontraksi -58,8 persen yoy pada Agustus 2020. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.