Dark/Light Mode

Menteri Erick: Program #GirlsTakeover Cetak Kepemimpinan Muda BUMN

Senin, 27 September 2021 16:48 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN, Erick Thohir menggelar program #GirlsTakeover. Ini merupakan program kerja sama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN dengan Yayasan Plan International Indonesia.

Menurut Erick, Program #GirlsTakeover ini juga masuk ke salah satu program yakni kepemimpinan muda di BUMN yang nantinya banyak pimpinan BUMN itu diisi oleh sosok berusia di bawah 42 tahun. Targetnya 5 persen pada tahun ini dan 10 persen pada 2023.

"Program #GirlsTakeover karena menjadi bagian dua program utama BUMN yakni women leadership dan kepemimpinan muda BUMN, saya sangat menyambut baik," ujarnya seperti dikutip dari Antara di Jakarta, Senin (27/9)

Baca juga : Erick Legowo Digantikan Perempuan Milenial

Menurut Erick, kementerian BUMN memiliki lima key performances indicator atau KPI. Pertama bagaimana memetakan ulang yang namanya korporasi dan public services.

Kedua, Kementerian BUMN juga tentu dengan persaingan pasar terbuka, apalagi juga Covid-19 masih berlangsung, Kementerian juga ingin memastikan BUMN punya bisnis intinya masing-masing. Tetapi tidak hanya bisnis inti, BUMN juga harus menjadi ekselen di era persaingan ini.

Ketiga inovasi dan digitalisasi, menjadi kunci juga, di mana sekarang banyak sekali BUMN go digital. 

Baca juga : 6 Perempuan Milenial Bakal Gantikan Erick Thohir, Jadi Menteri BUMN Sehari

Keempat adalah proses bisnis. 

"Tentu terakhir yang selalu saya bilang transformasi di BUMN tidak akan terjadi kalau tidak ada transformasi human capital-nya. Di sinilah kita sangat fokus membenahi human capital BUMN.

Kembali pada KPI kelima yakni mengenai human capital. Erick sudah mensejajarkan antara Kementerian BUMN Forum Human Capital Indonesia yang di bawah komunitas direksi BUMN.

Baca juga : Menteri Erick Jajaki Investasi Bangun Rumah Haji Di Mekkah

Kementerian BUMN memiliki target-target bahwa di tahun ini 15 persen kepemimpinan wanita di BUMN. Di tahun 2023, target tersebut menjadi 25 persen. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.