Dark/Light Mode

Keren, Fakfak Terpilih Jadi Lokasi Alternatif Proyek Investasi Pupuk Kaltim

Rabu, 29 September 2021 13:49 WIB
Menteri BKPM Bahlil Lahadalia saat menghadiri Serbuan Vaksinasi Massal yang digelar oleh Kementerian Investasi/BPKM di Kantor Bupati Fakfak, Senin (27/9). (Foto: Istimewa)
Menteri BKPM Bahlil Lahadalia saat menghadiri Serbuan Vaksinasi Massal yang digelar oleh Kementerian Investasi/BPKM di Kantor Bupati Fakfak, Senin (27/9). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Pupuk Kaltim di bawah koordinasi Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kaltim, Bapak Hanggara Patrianta, telah meninjau beberapa lokasi yang memiliki kelayakan untuk dibangunnya pabrik Pupuk Kaltim. Fakfak menjadi lokasi alternatif untuk pengembangan pabrik Pupuk Kaltim di Papua. Ini merupakan bentuk kesungguhan Pupuk Kaltim yang harus kita sambut dengan baik,” lanjut Bahlil.

Ia mengimbau masyarakat dan Pemerintah Daerah untuk turut aktif mendukung rencana investasi Pupuk Kaltim, agar kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua mampu dicapai dengan terbukanya peluang di berbagai sektor.

Baca juga : KPK Periksa Tersangka Korupsi Proyek e-KTP Paulus Thanos

Terlebih jika Bandara Siboru yang juga ditarget rampung pada 2022 mendatang mulai beroperasi, diyakini Bahlil semakin menarik minat investor untuk berinvestasi di Kabupaten Fakfak.

“Ini investasi yang sangat besar, mencapai puluhan triliun rupiah. Saya minta dukungan masyarakat serta pemerintah agar mensukseskan investasi Pupuk Kaltim, sehingga Papua ke depan semakin maju dan berkembang,” ujar Bahlil.

Baca juga : Keren, Kandungan Lokal Proyek Angkasa Pura I Capai 78,76 Persen

Di kesempatan yang sama, Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kaltim Hanggara Patrianta, mengatakan berbagai faktor akan dipertimbangkan sebelum menentukan lokasi pertama dan pengembangan awal, mengingat diperlukan 50-100 hektar tanah untuk sebuah lokasi pabrik. Oleh karena itu, peninjauan dan evaluasi lebih detail akan dilakukan.

“Kami berterima kasih atas dukungan yang diberikan Kementerian Investasi dan Pemerintah Daerah. Ke depan, kami akan berkoordinasi secara intens agar pembangunan dapat berjalan lancar. Kami harapkan dengan adanya pembangunan pabrik Pupuk Kaltim, potensi ekonomi di Papua Barat dan Indonesia Timur dapat semakin meningkat,” ujar Hanggara.

Baca juga : Mentan SYL Komit Tingkatkan Stok Dan Kapasitas Produksi Pupuk Kaltim

Sementara itu Bupati Fakfak Untung Tamsil, mengatakan siap mendukung proyek investasi Pupuk Kaltim, sekaligus mengimbau masyarakat dan seluruh pihak terkait dapat mensukseskan rencana tersebut guna mewujudkan kemajuan dan kesinambungan pembangunan daerah.

“Mari kita bergandeng tangan membangun daerah, terlebih ada rencana investasi besar Pupuk Kaltim yang juga didukung Bapak Menteri (Bahlil Lahadalia) untuk keberlanjutan pembangunan Fakfak sebagai lokasi alternatif,” ujar Untung. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.