Dark/Light Mode

Berdayakan Emak-emak Tanah Abang

Erick Thohir Ajak Join PNM Mekaar

Senin, 4 Oktober 2021 08:53 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau hasil dari kiprah perusahaan BUMN, PT Telkom dan PT Pemodalan Nasional Madani (PNM), dalam mendukung peningkatan kualitas pelajar dan kaum perempuan. (Foto: Dok BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau hasil dari kiprah perusahaan BUMN, PT Telkom dan PT Pemodalan Nasional Madani (PNM), dalam mendukung peningkatan kualitas pelajar dan kaum perempuan. (Foto: Dok BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Erick Thohir mengajak kaum emak-emak di Provinsi DKI Jakarta, khususnya di Tanah Abang, untuk mengembang­kan usaha mandiri.

Hal tersebut disampaikan oleh Staf Khusus Menteri BUMN Erick Thohir, Arya Sinulingga dalam kunjungan­nya di Gedung Daarul Aitam Kecamatan Tanah Abang. Kun­jungan kali ini dihadiri oleh 300 ibu-ibu yang sebagiannya merupakan nasabah PNM Mekaar (Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera).

“Menteri BUMN Erick Thohir ingin membantu ibu-ibu semua, supaya pemberdayaan ekonominya bagus. Tujuan kami ke sini agar Ibu-ibu di Tanah Abang dapat memenuhi kebutuhan keluarga, bisa punya usaha sendiri. Dan usahanya bisa semakin besar dengan bergabung Program PNM Mekaar,” tutur Arya di Jakarta, Sabtu (2/10).

Baca juga : Di Tengah Pandemi, Erick Thohir Komitmen Tumbuhkan Ekonomi Umat

Pada kesempatan tersebut, Arya mengundang 3 orang ibu-ibu yang sudah menjadi nasabah Mekaar untuk men­ceritakan pengalamannya. Ketiga ibu rumah tangga tersebut sudah mendapatkan pinjaman mulai dari Rp 5 hingga 7 juta untuk mengem­bangkan usahanya.

Pendapatan ketiganya mencapai 200 ribu per hari. Sehingga mereka mampu menopang kebutuhan rumah tangganya.

“Jadi bagi yang masih kekurangan modal untuk usaha, langsung bisa kami bantu. Menteri BUMN Erick Thohir pasti siapkan modalnya melalui PNM Mekaar,” terang Arya.

Baca juga : HUT Pernikahan, Erick Thohir Ngado Kambing Putih Ke Istri, Namanya Ambyar

Kunjungan tersebut ditutup dengan pemberian bantuan berupa sembako kepada 300 ibu-ibu yang hadir.

“Bantuan sembako ini dari BUMN untuk Ibu-ibu semua. Nanti Ibu-ibu yang masih kekurangan modal usaha juga bisa langsung bergabung dengan PNM Mekaar dan akan dibantu oleh Account Officer yang hadir di sini,” katanya.

Sebelumnya Arya mengata­kan, pemerintah melalui Men­teri BUMN Erick Thohir akan menurunkan bunga pinjaman bantuan permodalan usaha Mekaar secara signifikan. Menurutnya, penurunan bunga pinjaman tersebut direncana­kan mulai 2022 dengan harapan meningkatkan pertum­buhan ekonomi masyarakat melalui banyaknya nasabah Program Mekaar.

Baca juga : Kebijakan Cukai Tembakau Jangan Abaikan Industri, Buruh, Dan Petani

Program Mekaar berbasis kelompok disediakan pemerintah, agar kelompok usaha masyarakat yang dikelola oleh ibu-ibu dapat berkem­bang dengan baik. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.