Dark/Light Mode

Percepat Herd Immunity

DPD Golkar Jakarta Gelar Vaksinasi Massal Periode Kedua

Senin, 4 Oktober 2021 09:38 WIB
Ketua DPD Golkar DKI Ahmed Zaki Iskandar meninjau vaksinasi massal di Kantor DPD Golkar, Pegangsaan, Menteng, Jakarta, Sabtu (2/10). (Foto: ist)
Ketua DPD Golkar DKI Ahmed Zaki Iskandar meninjau vaksinasi massal di Kantor DPD Golkar, Pegangsaan, Menteng, Jakarta, Sabtu (2/10). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - DPD Partai Golkar DKI Jakarta melanjutkan kegiatan vaksinasi massal sebagai upaya mempercepat herd immunity bagi warga masyarakat. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari vaksinasi pada September yang telah berhasil melakukan vaksinasi kepada 3.600 orang. 

Untuk periode kedua ini, ada tambahan vaksin Moderna untuk melengkapi vaksin Sinovac dan AstraZeneca yang dilakukan dalam vaksinasi sebelumnya. 

Sesuai panduan dari Kemenkes, vaksin Moderna diberikan untuk mereka dengan usia di atas 18 tahun dan ibu hamil. Sedangkan vaksin Sinovac dan AstraZeneca dapat diberikan kepada anak usia 12-17 tahun, Ibu hamil dan menyusui; serta  lansia.

Baca juga : Polda Metro Gelar Vaksinasi Merdeka Di 3 SMA

“Alhamdulillah, semua berjalan lancar dan sesuai dengan rencana yang telah kami siapkan. Jika tidak ada aral melintang, ada 6.000 warga Jakarta yang akan tervaksinasi mulai September hingga akhir Oktober nanti,” ujar Ahmed Zaki Iskandar, Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta dalam keterangan tertulisnya Senin (4/10).

Zaki juga meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di kantor DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Jalan Pegangsaan Barat No. 4, Jakarta Pusat yang digelar setiap Sabtu dan Minggu hingga akhir bulan Oktober. Untuk pelaksanaan Sabtu-Minggu kemarin terdaftar sebanyak 800 warga.

“Pasokan vaksin dari Puskesmas Menteng Jakarta Pusat lebih dari cukup. Karena hingga Desember ditargetkan 1 juta warga Jakarta yang sudah divaksin. Ini tentu harus melibatkan semua pihak termasuk Pemprov DKI Jakarta, partai politik dan semua stakeholder lainnya,” ujarnya.

Baca juga : Cegah Penyebaran Covid, IKEA Jakarta Garden City Gelar Vaksinasi Massal

Vito, tim pelaksana vaksinasi DPD Partai Golkar DKI Jakarta, menjelaskan bahwa program vaksinasi ini terbuka untuk umum. Tidak hanya warga Jakarta saja, tetapi semua masyarakat yang belum mendapatkan vaksin, baik dosis pertama maupun dosis kedua. Dengan catatan, melengkapi data-data seperti fotokopi KTP, maupun surat keterangan telah mendapat vaksin ataupun yang belum.

"Kegiatan vaksinasi ini memang kami pusatkan di kantor DPD Partai Golkar DKI Jakarta. Hal ini untuk membantu Pemprov DKI Jakarta dalam upaya mempercepat program vaksinasi bagi masyarakat dan juga siswa-siswa sekolah,” ujarnya. 

Menurut Vito pelaksanaan vaksinasi Sabtu dan Minggu hingga akhir Oktober terbilang efektif dan efisien. Banyak warga yang berdatangan sejak pagi ke kantor DPD Partai Golkar DKI Jakarta untuk mendaftar dan siap divaksin. Bahkan untuk Sabtu dan Minggu berikutnya juga sudah banyak warga yang mendaftar.

Baca juga : Bantu Tangani Covid, Polda Metro Gelar Vaksinasi Di Cisauk Tangerang

“Antusias warga sangat positif. Kami yakin, herd immunity bagi warga akan cepat tercapai. Selama Pemprov DKI Jakarta menyediakan vaksinnya, kami siap melaksanakannya di lapangan bahkan hingga akhir tahun ini,” ujarnya semangat.

Dijelaskannya, warga sejak pagi berbondong-bondong mendatangi kantor DPD Partai Golkar DKI Jakarta dan menerapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, mencuci tangan atau memakai hand sanitizer hingga pemeriksaan suhu sebelum pelaksanaan vaksin. Terlihat juga anak-anak dan ibu hamil hingga usia lanjut. Mereka tampak bersemangat dan gembira mengikuti kegiatan vaksinasi ini.

Petugas kesehatan dari Puskesmas Menteng juga tampak melayani warga dengan antusias dan tak kenal lelah dengan pakaian APD dan protokol kesehatan yang ketat. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.