Dark/Light Mode

Bagian Dari Rantai Pasok Pangan

PPI Jadi Distributor Eksklusif Buat Pupuk Petrokimia Gresik

Sabtu, 16 Oktober 2021 08:40 WIB
PPI kembali menjalin sinergi bersama PT Petrokimia Gresik. (Foto: Dok. PT Perusahaan Perdagangan Indonesia).
PPI kembali menjalin sinergi bersama PT Petrokimia Gresik. (Foto: Dok. PT Perusahaan Perdagangan Indonesia).

 Sebelumnya 
Sedangkan pupuk Petro Niphos diciptakan sebagai upaya atas kebutuhan petani hortikultura, yang menggunakan pupuk nonsubsidi, khususnya NPS (Nitrogen, Posfat, Sulfur).

Petro Niphos mengandung unsur hara N (Minimal 20 persen), P (minimal 20 persen), dan S (minimal 13 persen) yang lebih tinggi dibanding pupuk majemuk pada umumnya.

Pupuk ini juga berbentuk granul, dan diperuntukkan khusus untuk komoditas hortikultura (sayuran daun) dan pangan. Namun, dosisnya bervariasi antara 250 kg hingga 700 kg per hektar sesuai dengan komoditas atau tanaman.

Baca juga : Kapal PT PIS Kembali Disewa Petronas Group

Sementara, pupuk Nitralite merupakan pupuk produksi PT Petrokimia Gresik, yang memiliki unsur hara Nitrogen (N) sebesar 25 persen, Sulfur (S) sebesar 9 persen dan Kalsium (Ca) sebesar 7 persen, yang memiliki beragam manfaat untuk tanaman.

Tak hanya itu, pupuk ini juga meningkatkan produksi hasil tebu dan hablur gula (Rendeman), meningkatkan kelas mutu hasil panen dengan memperbaiki warna, aroma, rasa dan besar umbi. Serta lebih kesat, hingga memperbaiki struktur tanah.

Menurutnya, dengan keberadaan 32 cabang PPI yang tersebar di seluruh Indonesia akan memudahkan pendistribusian pupuk ke seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga : PLN Jamin Keandalan Pasokan Listrik Di Blok Rokan Riau

“Berbekal keberadaan cabang, gudang dan kendaraan operasional yang kami miliki, tentu menjadi nilai lebih untuk mendistribusikan barang dengan baik. Serta membantu petani di daerah dalam mendapatkan pupuk tersebut,” katanya.

Syailendra menambahkan, peran PPI dalam distribusi pupuk ini, juga sebagai salah satu model bisnis dalam penggabungan PT BGR Logistics ke dalam PPI, guna meningkatkan efisiensi dan efektifitas di rantai pasok pangan.

“Proses penggabungan ini bagian dari proses holdingisasi BUMN Pangan, dalam penguatan rantai ekosistem perdagangan dan logistik,” tukasnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.