Dark/Light Mode

Tekan Impor, Menteri Teten Luncurkan Cangkul Merah Putih Berlabel SNI Di Tulungagung

Jumat, 22 Oktober 2021 21:34 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (tengah) saat peluncuran Cangkul Merah Putih di Tulungagung, Jumat (22/10). (Foto: Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki (tengah) saat peluncuran Cangkul Merah Putih di Tulungagung, Jumat (22/10). (Foto: Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi kinerja Koperasi Produsen Angudi Logam Abadi, yang sukses menghasilkan produk cangkul buatan dalam negeri dengan brand Cangkul Merah Putih. Cangkul tersebut telah mendapat sertifikasi layak mutu dari SNI.

“Saya bersyukur, Cangkul Merah Putih sekarang punya label SNI. Akhirnya kita mampu swasembada cangkul sendiri yang saat ini bahan bakunya di-support oleh BUMN, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dan dukungan pembiayaan dari PT BRI (Persero) Tbk,” ujar Teten dalam launching produk SNI Cangkul Nasional Merah Putih sekaligus Pelepasan Ekspor Batu Fosil ke Hamburg, Jerman di Pendopo Bupati Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (22/10).

Baca juga : Kita Semua Kaget...

Di kesempatan yang sama, Teten mengunjungi pabrik sekaligus tempat produksi cangkul Merah Putih di kawasan Tulungagung, Jawa Timur. Menkop UKM didampingi Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, Deputi Perkoperasian Kemenkop UKM Ahmad Zabadi, Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman, dan Ketua Koperasi Angudi Logam Abadi Suharyono.

Teten mengatakan, di awal dirinya menjabat sebagai menteri, ramai impor cangkul menyeruak. Dirinya pun lantas diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mencari solusinya. Ketika itu bahan baku menjadi isu utamanya.

Baca juga : Menpora Minta Maaf Merah Putih Tidak Berkibar Di Piala Thomas

“Akhirnya kami menempuh jalan untuk memperkuat koperasinya terlebih dahulu, kemudian bermitra bersama BUMN untuk ketersediaan bahan baku,” jelas Teten.

Cangkul Merah Putih, sambungnya, merupakan program lokalisasi kolaborasi Kemenkop UKM bersama Kementerian Perindustrian, LPDB-KUMKM, dan BUMN untuk menekan impor cangkul.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.