Dark/Light Mode

ALFI Dorong Sektor Logistik Tatap Era New Oppurtunity

Minggu, 24 Oktober 2021 20:10 WIB
Ketua Umum DPP ALFI Yukki Nugrahawan Hanafi. (Foto: Ist)
Ketua Umum DPP ALFI Yukki Nugrahawan Hanafi. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Dongkrak Ekspor Impor

Dalam Rakernas tersebut, Yukki juga akan menegaskan, kinerja layanan logistik yang semakin efisien saat ini turut mendongkrak tumbuhnya aktivitas ekspor impor Indonesia.

Baca juga : PLN Siapkan Beragam Jurus Pamungkas

Pertumbuhan tersebut juga ditopang kian efisiennya layanan ekspor impor di pelabuhan-pelabuhan utama maupun bandara di Indonesia. Dirinya berharap kondisi seperti ini bisa terus berlangsung sehingga target pertumbuhan ekonomi yang ingin dicapai Pemerintah pada tahun ini bisa terwujud.

Yukki menilai, kinerja logistik nasional akan semakin meningkat dimasa mendatang dengan adanya Implementasi National Logistic Ecosystem (NLE) yang akan juga membuat proses delivery order (DO) kegiatan ekspor impor akan semakin cepat.

Baca juga : Telkom Dorong Kreator Gim Lokal Hasilkan Karya Mendunia

Yukki menjelaskan, ALFI berkomitmen terus mendukung sepenuhnya implementasi NLE. Karena dengan platform logistik terpadu seperti itu semua layanan proses bisnis logistik ekspor impor dapat terintegrasi dengan semua pihak terkait.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada periode Januari-September 2021, nilai ekspor total Indonesia sebesar 164,29 miliar dolar AS yang disumbang ekspor nonmigas sebanyak 94,63 persen dengan kontribusi terbesar dari industri pengolahan (77,73 persen), diikuti pertambangan (15,08 persen) serta pertanian, kehutanan, dan perikanan (1,82 persen).

Baca juga : Nadiem Hampir Menangis

Pada periode itu, nilai impor total sebesar 139,22 miliar dolar AS dengan sumbangan terbesar dari bahan baku/penolong (75,50 persen) diikuti barang modal (14,37 persen) dan konsumsi (10,13 persen). "Pertumbuhan pada ekspor impor tersebut juga otomatis mendorong kinerja sektor logistik nasional," jelasnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.