Dark/Light Mode

Komisi V DPR Dorong Pelni Angkut Logistik

Jumat, 21 Mei 2021 13:43 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi V DPR RI Syahrul Aidi Maz'at meminta PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) memastikan pendistribusian logistik ke seluruh pulau di Indonesia dalam rangka penyekatan Covid-19 agar kebutuhan bahan pokok terpenuhi.

Hal ini juga untuk memaksimalkan penggunaan tol laut supaya penyekatan lalu lintas darat bisa terarah dengan baik, khususnya pasca hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Kondisi sekarang ini memang serba sulit, di mana penyekatan darat dilakukan secara menyeluruh di setiap daerah sehingga menghambat pendistribusian logistik di mana Indonesia terbagi banyak pulau," kata Syahrul Aidi kepada wartawan, Jumat (21/5).

"Untuk itu Pelni harus memaksimalkan seluruh potensinya dalam mendistribusikan seluruh kebutuhan bahan pokok dengan menggunakan akses tol laut ke seluruh daerah di Indonesia. Pelni harus bergerak cepat, jangan sampai terkendala soal pendistribusian," sambungnya.

Politisi PKS itu menuturkan, karena dua tahun ini diberlakukan pelarangan mudik, artinya Pelni sendiri tentunya tidak mengangkut penumpang.

Baca juga : Komisi I DPR Minta Pemerintah Kawal Gencatan Senjata Hamas Vs Israel

"Jadi Pelni bisa fokus angkut logistik dan lainnya agar tidak membengkak di biaya perawatan karena kapal-kapal tidak beroperasi. Pelni masih bisa menghasilkan," ujar Syahrul. 

Pelni sendiri saat ini agresif dalam memperkuat bisnis logistiknya melalui aplikasi My Cargoo yang telah diluncurkan tahun lalu. Kehadiran aplikasi tersebut semakin mendongkrak kinerja muatan pada kapal penumpang Pelni paling sedikit hingga 50 persen.

Pelni optimistis jumlah muatan akan terus meningkat seiring dengan adanya perubahan, inovasi, dan kemudahan yang ditawarkan kepada shipper melalui aplikasi My Cargoo.

Inovasi Pelni melalui aplikasi My Cargoo yang terus dikembangkan Perusahaan akan semakin meningkatkan daya saing Pelni dalam bisnis logistik. Aplikasi manajemen logistik ini akan memberikan kemudahan bagi pengirim (shipper) untuk melakukan pemesanan muatan pada kapal penumpang.

Saat ini, para shipper dapat melakukan proses booking dan reservasi muatan melalui website dan loket kantor cabang Pelni. Shipper dapat mengakses cargo.pelnilogistics.co.id dan mengisi data sesuai dengan form yang telah disediakan.

Baca juga : Pandemi Covid-19, Pemerintah Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan Ruang Digital

Shipper juga dapat memilih jadwal keberangkatan kapal dan mode layanan pengiriman yang diinginkan. Pelnimenyediakan empat layanan berbeda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengirim, yaitu door to door (full service), door to port, port to door, ataupun port to port.

Dengan layanan tersebut, harga yang ditawarkan juga semakin kompetitif. Jika shipper memilih layanan door to door maka barang akan di jemput sesuai dengan lokasi pengirim dan akan diantarkan sampai ke lokasi penerima.

Sedangkan jika memilih layanan port to port, maka pengirim yang akan mengantar barang menuju container yard di pelabuhan muat dan penerima akan mengambil di container yard pelabuhan tujuan.

Kemudahan layanan tidak hanya pada saat pemesanan muatan, tetapi juga saat pembayaran. Kini, sistem pembayaran telah didukung secara cashless melalui internet banking, mobile banking, dan ATM dengan time limit 4 jam setelah proses booking .

Pelni sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas.

Baca juga : Usai Larangan Mudik, Pelni Langsung Angkut 5.388 Penumpang

Selain angkutan penumpang, Pelni juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah T3P dimana kapal perintis menyinggahi 285 pelabuhan dengan 3.811 ruas.

Kemudian, Pelni juga mengoperasikan sebanyak 16 kapal rede. Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini Pelni mengoperasikan 9 trayek kapal tol laut serta 1 trayek kapal khusus ternak. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.