Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pertumbuhan Kapasitas Listrik Indonesia Timur Lebih Tinggi Dari Rata-rata Nasional

Kamis, 28 Oktober 2021 18:39 WIB
Pertumbuhan Kapasitas Listrik Indonesia Timur Lebih Tinggi Dari Rata-rata Nasional

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia kian benderang di pekan peringatan Hari Listrik Nasional ke-76 berkat gencarnya pembangunan infrastruktur kelistrikan oleh PT PLN (Persero) di seluruh penjuru Tanah Air, terutama di kawasan Indonesia timur.

Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini mengatakan, jumlah kapasitas terpasang pembangkit di wilayah Maluku, Papua dan Nusa Tenggara terus bertambah dalam lima tahun terakhir.

"Hal ini menunjukkan komitmen PLN untuk memberikan akses energi berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Zulkifli dalam keterangannya kemarin.

Baca juga : Lagi, Indonesia Terima 1 Juta Dosis Vaksin Sinovac Dari Tiongkok

Dilanjutkannya, melistriki Indonesia timur merupakan salah satu pencapaian terbaik. Dengan semangat energi berkeadilan, PLN juga memprioritaskan listrik di Indonesia timur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Dengan hadirnya listrik masyarakat Indonesia timur dan di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T), bisa meningkatkan kualitas dan kesejahteraan hidupnya," ujar Zulkifli.

Secara nasional, sejak 2017 pertumbuhan kapasitas terpasang pembangkit meningkat 15 persen menjadi 64,2 Gigawatt (GW).

Baca juga : Ini Bukti Produk Indonesia Mampu Bersaing di Pasar Global

Bila dibandingkan, rata-rata pertumbuhan kapasitas terpasang nasional tersebut masih lebih rendah daripada pertumbuhan kapasitas terpasang pembangkit di wilayah Indonesia Timur,  yakni Maluku dan Papua yang tumbuh sebesar 36 persen dan Nusa Tenggara yang tumbuh 48 persen.

Untuk wilayah Maluku dan Papua saja hingga September tahun ini telah mencapai 1,3 GW. Capaian ini naik 36 persen dibandingkan 2017 lalu.

Sedangkan di wilayah Nusa Tenggara kapasitas terpasang sebesar 1,2 GW naik 48 persen dibandingkan 2017 lalu.

Baca juga : Nadiem Puji Santri Indonesia Luar Biasa

Meski di tengah kondisi pandemi Covid-19, PLN tak berhenti menghadirkan akses kelistrikan bagi masyarakat.

"Hal ini tercermin dari PLN terus membangun infrastruktur kelistrikan mulai dari pembangkit, transmisi, gardu induk dan jaringan distribusi," ujar Zulkifli.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.