Dark/Light Mode

PLN Rampungkan Proyek Tegangan Tinggi, Listrik Sulut Dan Sultra Kian Andal

Jumat, 29 Oktober 2021 22:29 WIB
PLN Rampungkan Proyek Tegangan Tinggi, Listrik Sulut Dan Sultra Kian Andal

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) memperkuat keandalan pasokan listrik di Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Utara, dengan menyelesaikan pembangunan sejumlah infrastruktur kelistrikan tegangan tinggi.

Direktur Mega Proyek dan EBT PLN, Wiluyo Kusdwiharto menjelaskan, PLN berhasil melaksanakan pemberian tegangan pertama (energize) pada dua proyek Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK) di Sulawesi Tenggara.

Yaitu, Gardu Induk (GI) 150 kV Andoolo (New) berkapasitas 30 MVA. Dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV Kendari - Andoolo sepanjang 150 Kilometer Sirkuit (KMS).

Baca juga : PLN Jakarta Terjunkan 2.356 Personel Jaga Kelistrikan Di Musim Hujan

GI 150 kV Andoolo (New) yang terletak di Desa Puunggapu Kecamatan Andoolo, Kabupaten Konawe Selatan.

Ini merupakan GI pertama di Kabaupaten Konawe Selatan yang memiliki kapasitas transformator sebesar 30 MVA, atau setara dengan 18.000 pelanggan baru.

Sedangkan untuk pekerjaan SUTT 150 kV yang berhasil di-energize menghubungkan antara GI Andoolo dengan GI Kendari.

Baca juga : China Ketar-ketir, Australia Dan Singapura Babak Belur

SUTT 150 kV tersebut terbentang sepanjang 150 Kms dengan total tower sebanyak 226 tower.

Beroperasinya dua Infrastruktur Ketenagalistrikan ini merupakan wujud nyata PLN dalam meningkatkan pelayanan kelistrikan kepada masyarakat, melalui peningkatan keandalan sistem kelistrikan.

"Kami berharap dengan beroperasinya GI dan SUTT ini dapat mendorong perekonomian di Sulawesi Tenggara, khususnya di Kabupaten Konawe Selatan," ujar Wiluyo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.