Dark/Light Mode

Pertamina Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan Jadi Amplang di Pontianak

Minggu, 31 Oktober 2021 20:21 WIB
Warga yang tergabung dalam Mitra Binaan Pertamina mengikuti kegiatan Pelatihan Pengolahan Ikan menjadi Amplang yang merupakan program dari Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan dan diselenggarakan di Pondok Binaan Pembenihan Rakyat, Gang Kuini, Sungai Jawi Luar, Pontianak pada Kamis (28/10). (Foto: Dok. MOR VI)
Warga yang tergabung dalam Mitra Binaan Pertamina mengikuti kegiatan Pelatihan Pengolahan Ikan menjadi Amplang yang merupakan program dari Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan dan diselenggarakan di Pondok Binaan Pembenihan Rakyat, Gang Kuini, Sungai Jawi Luar, Pontianak pada Kamis (28/10). (Foto: Dok. MOR VI)

 Sebelumnya 
Pelatihan ini digelar dengan sistem ToT atau Training of Trainer dimana pemateri ini berasal dari anggota kelompok binaan Pertamina yang telah mendapatkan pelatihan sebelumnya di Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Pontianak. ToT ini menyasar setidaknya 25 anggota kelompok UPR dan dihadiri oleh jajaran Lurah, Camat, dan Kepala Bidang Perikanan dari Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak.

Nasrun sebagai ketua kelompok UPR menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap Pertamina karena sudah menyelenggarakan pelatihan pembuatan amplang ini. Harapannya dengan pelatihan ini makin banyak pendapatan yang didapatkan oleh kelompok dan muncul ide-ide kreatif lainnya untuk memunculkan aneka kreasi makanan berbahan dasar ikan.

Baca juga : Pertamina Kilang Balongan Kenalkan Bisnis Kilang dan Petrokimia

“Apa yang dilaksanakan oleh Pertamina dengan program CSR di UPR Kuini ini sangat membantu sekali dalam meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya anggota kelompok UPR. Yang mana masyarakat tidak hanya diberikan bantuan keramba dan ikan, namun juga diberikan keterampilan mengolah ikan menjadi lebih bernilai ekonomis,” ungkap Bambang Riadi.

Integrated Terminal Manager Muharyadi menyampaikan rasa terima kasih kepada kelompok UPR dan jajaran pemerintah daerah yang telah berkenan hadir dalam acara tersebut sehingga kegiatan berjalan dengan lancar dan dapat dibimbing langsung oleh para ahli di bidangnya.

Baca juga : Cerita Wastra 2021 Latih 1.000 Perajin Kain Tenun Di Indonesia

“Apa yang dilaksanakan di UPR sejak tahun 2017 sampai dengan saat ini adalah wujud komitmen perusahaan terhadap aksi nyata visi misi Pertamina Berdikari, di mana masyarakat bukan menjadi objek CSR namun menjadi subjek penentu keberhasilan program. Sehingga manfaat dari UPR ini dapat dirasakan tidak hanya oleh anggota kelompok saja namun juga masyarakat di Gang Kuini 1, Kelurahan Sungai Jawi Luar, Kota Pontianak,” ujar Muharyadi.

Area Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan, Susanto August Satria mengungkapkan, “Pelatihan yang digelar pada hari ini adalah salah satu program TJSL yang kita jalankan dalam aspek Pemberdayaan Masyarakat yang fokus terhadap pengembangan kelompok yang memiliki niatan untuk berkembang dan berusaha serta memiliki potensi sumber daya sehingga mampu meningkatkan taraf hidup ekonomi,” tutup Satria. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.