Dark/Light Mode

Top, KAI Sabet Public Service Excellence Award 2021

Kamis, 4 November 2021 20:04 WIB
Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo (Foto: Dok. KAI)
Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo (Foto: Dok. KAI)

 Sebelumnya 
“Di samping mempercepat waktu tempuh kereta api tersebut, kami juga menyediakan WiFi gratis di atas kereta api dan live cooking. Makanan, yang sebelumnya siap saji atau frozen, sekarang betul-betul dimasak di atas kereta,” terang Didiek.

KAI terus melakukan transformasi di bidang digital untuk peningkatan pelayanan dan pengembangan bisnis penunjang. Dengan sistem teknologi informasi yang telah dikembangkan KAI saat ini, KAI sudah bisa mengaplikasikan metode pembayaran secara luas seperti QRIS, LinkAja, dan direct debit.

Transformasi digital juga dapat dilihat pada cara kerja petugas kondektur dalam melakukan pengecekan pelanggan. Jika dulu petugas kondektur harus menanyakan tiket dan melubanginya, maka sekarang sudah tidak perlu lagi karena para petugas kondektur telah dibekali gawai yang menampilkan data pelanggan.

Baca juga : WIKA Group Sabet 2 ESG Disclosure Award 2021

Didiek mengatakan, KAI saat ini sedang melaksanakan transformasi digital yang dibantu oleh konsultan strategis nomor 1 dunia. Karena KAI ingin mengoperasikan kereta api dengan standar kelas dunia. Bahkan dalam hal SDM, tata kelola keuangan, dan segala sesuatunya juga berbasis digital.

“Inilah yang akan menjadi bekal KAI untuk terus bertransformasi dan kami ingin bangkit lebih kuat, lebih cepat dalam masa pandemi ini. Sehingga dalam situasi apapun KAI akan terus adaptif, memberikan solusi, dan terus berkolaborasi,” kata Didiek.

KAI terus fokus untuk mencapai visinya yaitu menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia. KAI berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengintegrasikan transportasi sehingga meningkatkan konektivitas.

Baca juga : Pupuk Kaltim Sabet Tiga Penghargaan TOP GRC Award 2021

KAI dan Pemprov DKI Jakarta akan mensinergikan transportasi di DKI Jakarta seperti KRL, MRT Jakarta, dan Transjakarta. Kemudian pengembangan transit oriented development (TOD) dan penataan stasiun-stasiun di kawasan DKI Jakarta.

KAI juga bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan layanan KRL. KAI dan Kemenhub sedang menyelesaikan proyek double-double track, sehingga di Stasiun Manggarai kini sudah ada 4 jalur di lantai atas. Dengan demikian, pengguna KRL dari Bogor yang hendak ke Jakarta Kota dapat lebih nyaman mengakses KRL karena jalurnya sudah dibedakan dengan KA Jarak Jauh.

“Harapannya masyarakat akan semakin terlayani dalam bertransportasi massal dan jumlah masyarakat yang nanti bisa menggunakan transportasi massal bisa bertambah-tambah secara perkalian,” tutup Didiek. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.