Dewan Pers

Dark/Light Mode

Jajaki Pasar Ekspor UMKM, HIPMI Berangkatkan 50 Pengusaha Muda Ke Dubai

Jumat, 5 Nopember 2021 19:47 WIB
Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Mardani H Maming (kedua kanan) bertemu Presiden Jokowi (kedua kiri) di acara Dubai Expo 2020. (Foto: HIPMI)
Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Mardani H Maming (kedua kanan) bertemu Presiden Jokowi (kedua kiri) di acara Dubai Expo 2020. (Foto: HIPMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mendukung upaya pemerintah dalam mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar bisa lebih mendunia.

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi serta mendukung langkah Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, untuk bisa lebih memberdayakan UMKM Indonesia.

Hal itu disampaikan Maming, dalam kunjungannya bersama 50 anggota HIPMI lainnya ke Dubai Expo 2020, yang merupakan ajang promosi terbesar di dunia.

Maming menekankan pentingnya kolaborasi antar kementerian/lembaga, sehingga asosiasi terkait mampu mendukung UMKM go internasional.

Berita Terkait : Menaker: UMKM Berperan Penting Serap Tenaga Kerja Perempuan

Selain itu, Maming juga terus mendorong anggotanya, agar bisa masuk pasar global di tengah pandemi Covid-19. Kolaborasi ini akan mempercepat proses pengambilan solusi.

"Ini langkah yang sangat baik. Kita perlu membuat kegiatan komprehensif untuk mendukung UMKM kita," kata Maming, dalam keterangan tertulisnya dari Dubai Expo 2020, Uni Emirat Arab, Jumat (5/11).

Maming menilai penting adanya kolaborasi antara pemerintah, UMKM, asosiasi serta para pengusaha untuk bisa bersinergi bersama-sama dan berjuang memulihkan perekonomian Indonesia.

Untuk mengolaborasi program kerja Mendag dan Menteri Investasi, HIPMI menawarkan program kerja dalam pemberdayaan UMKM Indonesia.

Berita Terkait : Sandi Berharap Pesantren Hadirkan Pengusaha Kelas Dunia

Antara lain, melalui kerja sama HIPMI dengan seluruh diaspora Indonesia di luar negeri, untuk memasarkan produk-produk UMKM Indonesia.

 "Untuk itu, kami dari HIPMI, mengajak Ketua Umum HIPMI daerah juga untuk berpartisipasi acara ini. Sehingga bisa menggerakkan perekonomian daerah, terutama dari sektor UMKM," tutur Maming.

Maming siap membantu langkah Lutfi dan Bahlil, dalam program kerjanya. Karena ini sebuah langkah yang baik, untuk ikut berkolaborasi membantu para UMKM.

Kolaborasi ini perlu digagas, karena bisa bersama-sama mencari dan mempercepat menemukan solusi atas permasalahan perekonomian bangsa.

Berita Terkait : Menteri Teten Lepas Ekspor Mangga Sultan Gresik Ke Singapura

"Kita konsisten membuat pelatihan untuk para UMKM untuk bisa berdaya saing mengoptimalkan penggunaan digital, dan mengembangkan produk. Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI di seluruh Indonesia harus berperan untuk saling berkolaborasi dengan para pemerintah setempat," beber politisi PDIP itu.

Dalam ajang Dubai Expo 2020, para anggota HIPMI berpeluang mengikuti pelatihan ekspor, business matching, dan temu pembeli, yang diharapkan terjadi kesepakatan (MoU) dengan mitra bisnis di luar negeri.

Mantan Bupati Tanah Bumbu Kalimantan Selatan itu berharap, peserta pameran Dubai Expo 2020 dapat menangkap peluang pasar. Mengingat perhelatan kali ini diikuti lebih banyak buyer dari berbagai negara.

"Animo peserta Dubai Expo 2020 ini sangat tinggi. Selain business matching, pameran dalam ajang yang diselenggarakan di Timur Tengah ini juga berisi kegiatan forum dagang dan promosi dagang," jelas CEO PT Maming Enam Sembilan Group, yang membawahi 56 entitas anak perusahaan. [UMM]