Dark/Light Mode

ALFI Dukung Luhut Gebuk Mafia Pelabuhan

Kamis, 11 November 2021 22:43 WIB
Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi. (Foto: Ist)
Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelaku usaha logistik mendukung upaya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk memberantas praktik mafia di pelabuhan.

Hal ini memang mesti dilakukan untuk mengefisiensikan biaya logistik dan mendongkrak perekonomian nasional.

Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi menyatakan sangat mendukung upaya pemerintah untuk memberantas mafia pelabuhan itu.

Baca juga : KPK Tindaklanjuti Permintaan Luhut Untuk Berantas Mafia Pelabuhan

"Apa yang disampaikan Menko Marves Luhut tersebut sebagai komitmen dan sikap tegas pemerintah. Sekaligus harus menjadi warning serius terhadap semua stakeholders di pelabuhan," ujarnya di Jakarta, Kamis (11/11).

Yukki menegaskan, untuk mendorong terciptanya layanan logistik yang efisien dan transparan di bandara maupun di pelabuhan, pelaku logistik termasuk eksportir dan importir, sejak awal ALFI telah mendorong implementasi program atau sistem National Logistic Ecosystem (NLE).

Sistem NLE ini, kata Yukki, mampu memperbaiki manajemen supply chain atau rantai pasokan. Sehingga proses logistik sehingga biaya yang dikeluarkan lebih efisien.

Baca juga : Luhut Minta KPK, Kejaksaan, Dan Polisi Bentuk Satgas Tangani Mafia Pelabuhan

Namun, penerapannya pun harus bisa diawasi secara penuh agar semua program bisa berjalan sesuai dengan perencanaan, dan diperlukan kolaborasi semua stakeholders.

"NLE sebagai platform besarnya punya konsep kolaborasi digital yang memungkinkan entitas logistik terhubung dengan pemerintah serta platform logistik lainnya. NLE memperkaya peran Indonesia national single window (INSW). Untuk itu diperlukan kolaborasi semua pihak terkait," jelasnya.

Dirinya meyakini, dengan semua fokus pada implementasi NLE akan terwujud sistem pelayanan kepelabuhan yang lebih sehat.

Baca juga : Bamsoet Apresiasi Sikap Terbuka Luhut Terkait Pengadaan PCR

"Jadi, tidak ada lagi dugaan yang mengarah pada adanya praktik mafia pelabuhan sebagaimana yang dikemukakan Menko Marves Luhut," tandas Yukki. 

Sebelumnya, Luhut menyoroti adanya mafia pelabuhan yang dinilai bisa menghambat kegiatan ekonomi dan ketidakefisienan layanan logistik nasional.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.