Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bantu Kelola Bisnis UMKM, Mitra Bukalapak Luncurkan BukuMitra

Jumat, 12 November 2021 11:42 WIB
Soft Launching BukuMitra oleh Mitra Bukalapak, Jumat (12/11). (Foto: Ist)
Soft Launching BukuMitra oleh Mitra Bukalapak, Jumat (12/11). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mitra Bukalapak, hari ini meluncurkan BukuMitra: sebuah aplikasi tersendiri dari fitur SaaS (Software as a Service) yang selama ini menjadi bagian dari aplikasi Mitra Bukalapak.

BukuMitra memberikan kesempatan bagi seluruh pelaku UMKM dari berbagai industri dan tipe bisnis. Termasuk warung, kios pulsa, kedai makanan, jasa laundry, social commerce, dan lain-lain.

BukuMitra juga menyediakan fitur media promosi. Di mana pengguna dapat membuat poster, katalog, kartu nama, dan spanduk untuk menyebarkan informasi tentang bisnisnya ke rekan-rekan melalui platform digital seperti messaging app dan media sosial.

President PT Bukalapak.com Teddy Oetomo menjelaskan, aplikasi Mitra Bukalapak telah membantu 8,7 juta pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Tujuannya, untuk mengembangkan bisnis, dari warung atau toko yang hanya menjual barang kebutuhan sehari-hari menjadi tempat orang-orang bisa membeli voucher game, melakukan pengiriman uang, pembayaran tagihan, bahkan menjadi agen pengiriman barang.

Baca juga : Pekan Kehumasan, MPR Luncurkan Buku Digital MPR  

Hanya saja, Teddy menyebut, seringkali bisnis yang tumbuh ini masih dikelola dengan metode pembukuan yang tradisional dengan buku tulis atau secarik kertas. Metode ini tentunya memiliki risiko seperti kertas yang hilang, tak sengaja terbuang atau kotor karena ketumpahan sesuatu.

"Dengan semua catatan utang yang terdapat di kertas tersebut, para pelaku bisnis ini berpotensi kehilangan pendapatannya," katanya dalam konferensi pers Soft Launching BukuMitra, Jumat (12/11).

Hal inilah yang kemudian mendasari lahirnya fitur SaaS di Mitra Bukalapak. Fitur ini telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna untuk melakukan pembukuan dan pencatatan utang secara aman.

Berangkat dari kesuksesan fitur ini, Mitra Bukalapak meluncurkan aplikasi BukuMitra sehingga lebih banyak lagi pelaku usaha berskala kecil yang bisa mengelola bisnisnya dengan lebih efektif dan efisien.

Baca juga : Bidik Generasi Muda, Manulife Luncurkan MiAction

Semua catatan pembukuan pengguna BukuMitra juga akan tersimpan di Cloud. Sehingga mengurangi risiko kehilangan data jika pengguna mengalami kerusakan atau kehilangan ponsel.

Sementara itu, Komisaris Bukalapak Bambang Brodjonegoro menyampaikan, aplikasi semacam BukuMitra dapat berkontribusi terhadap salah satu pencapaian Sustainable Development Goals (SDG) yang dicanangkan oleh PBB. Yakni peningkatan penyediaan pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi serta pengurangan ketidaksetaraan.

Kata Bambang, terdapat 64 juta pelaku UMKM di Indonesia yang diperkirakan berkontribusi terhadap lebih dari 60 persen PDB negara dan mempekerjakan 97 persen populasi negara.

Dengan aplikasi BukuMitra, maka akan memberikan peluang kepada para pelaku UMKM untuk bisa terus tumbuh dan sejajar dengan pelaku bisnis retail modern dari segi pembukuan. "Ini tentunya akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional,” ujarnya.

Baca juga : Jokowi Ajak Dunia Kelola Hutan Untuk Pembangunan Berkelanjutan

Lebih lanjut, BukuMitra juga membantu terciptanya praktek bisnis yang lebih ramah lingkungan di kalangan UMKM. Karena berkurangnya pemakaian kertas untuk pencatatan keuangan. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.