Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Meski Pandemi, Dosen Unas Produktif Lakukan Penelitian dalam Kenormalan Baru

Selasa, 21 Desember 2021 18:46 WIB
Meski Pandemi, Dosen Unas Produktif Lakukan Penelitian dalam Kenormalan Baru

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 memberikan dampak dalam kehidupan salah satunya ialah perguruan tinggi. Sebagai bentuk kontribusi yang bisa dilakukan ialah riset dan penelitian sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal inilah yang menjadi tujuan dari kegiatan kaleidoskop riset dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Nasional (Unas) pada tahun 2021 yang diselenggarakan secara daring dan luring di Menara Unas, Ragunan, Jakarta, pada Senin (20/12).  

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unas, Dr. Suryono Efendi, S.E., MBA., M.M. mengatakan, dalam rangka menutup tahun 2021, dosen FISIP Unas melakukan kegiatan kaleidoskop riset dosen sebagai bentuk presentasi hasil penelitian dan pengabdian di masa kenormalan baru.  

“Kegiatan ini menunjukkan bahwa dosen FISIP Unas tetap menjalankan bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi selama pandemi berlangsung dengan menghasilkan riset-riset sesuai bidang masing-masing. Saya harap, kegiatan ini bisa menumbuhkan budaya penelitian di kalangan dosen sehingga bisa mendukung Unas dalam upaya pengembangan menuju world class university pada tahun 2035,” ujarnya.  

Dekan FISIP Unas, Dr. Erna Ermawati Chotim, S.Sos., M.Si. mengatakan, kegiatan ini juga merupakan bentuk refleksi dengan melihat kembali perjalanan penelitian-penelitian yang telah dilakukan dosen FISIP Unas, dari lima program studi yakni Ilmu Politik, Sosiologi, Hubungan Internasional, Administrasi Publik, serta Ilmu Komunikasi.  

Baca juga : Kala Pandemi, Wavin Catatkan Pertumbuhan Hingga 70 Persen

“Melalui paparan penelitian yang disampaikan, kami berharap bisa menarik benang merah, catatan kritis, serta rekomendasi dan gagasan pada isu penelitian yang akan dilakukan pada tahun mendatang. Kegiatan perdana FISIP Unas ini juga diharapkan menjadi penilaian bagi pihak-pihak yang telah bekerja sama baik internal maupun eksternal,” tuturnya.  

Dekan menambahkan, dosen juga diharuskan mengembanbgkan penelitian-penelitian ke depan yang dapat mengisi pemahaman baru terkait masalah-masalah yang ada di tingkat individual, kolektif, komunitas, tingkat negara, dan tingkat antar negara.  

“Di sisi lain, juga mengajak para ilmuan sosial dan politik di Indonesia untuk berkolaborasi membahas tentang reliabilitas dan validitas metode-metode praktik penelitian pada masa kenormalan baru, yang dapat terlembagakan di dalam proses pengajaran di universitas, maupun dalam kegiatan penelitian yang dijalankan pemerintah,” pungkasnya.  

Sementara dari aspek Ilmu Komunikasi, pada masa kenormalan baru ini, media sosial menjadi wadah komunikasi utama yang dilakukan oleh masyarakat. Berbagai pihak berlomba-lomba menggunakan media sosial dan mengambil manfaatnya. Hal ini yang disampaikan Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Unas, Dian Metha Ariyanti, S.Sos., M.Si. dalam paparannya.  

Baca juga : Meski Pandemi, Johnson & Johnson Indonesia Komitmen Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat

“Pada era new normal ini aktivitas komunikasi dilakukan melalui media sosial, seperti membangun brand engagement. Namun, tidak semua masyarakat paham dalam membangun hal tersebut. Padahal, brand engagement sangat penting untuk mengetahui seberapa tingkat keterlibatan followers terhadap informasi yang disampaikan, sehingga diperlukan strategi pengelolaan media sosial yang baik untuk membangun brand engagement.,” tutupnya.

Adapun pembicara pada Kaleidoskop FISIP Unas :

Program Studi Ilmu Politik Prof. Syarif Hidayat, Ph.D, Dr. Ganjar Razuni, SH., M.Si, Safrizal Rambe, S.IP., M.Si.   -

Program Studi Sosiologi Dr. A. F. Sigit Rochadi, M.Si. Dr. Aris Munandar, M.Si. Adilita Pramanti, S.Sos., M.Si.  

Baca juga : Pasca Pandemi, CFO Berperan Penting Dalam Keberlanjutan Perusahaan

- Program Studi Hubungan Internasional Dr. Aos Yuli Firdaus, SIP., M.Si. Dr. Irma Indrayani, M.Si. Dr. Hendra Maujana Saragih, M.Si.  

- Program Studi Administrasi Publik Dr. Drs. Ahmad Muksin, M.Si. Dr. Bhakti Nur Avianto, SIP., M.Si. Dr. Rusman Ghazali, M.Si.

 - Program Studi Ilmu Komunikasi Drs. Adi Prakosa, M.Si. Dian Metha Ariyanti, S.Sos., M.Si Swastiningsih, SE., M.Si. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.