Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bangkit Pasca Pandemi, Bappenas Bakal Luncurin Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali

Kamis, 2 Desember 2021 19:41 WIB
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. (Foto: Ist)
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali akan menggelar Peluncuran Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali Menuju Bali Era Baru: Hijau, Tangguh, dan Sejahtera serta Master Plan Pengembangan Kawasan Pariwisata Ulapan pada Jumat (3/12), di Three Mountains, Kura Kura, Bali.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, dan Gubernur Bali I Wayan Koster dijadwalkan akan hadir meresmikan peluncuran secara hybrid tersebut.

Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali Menuju Bali Era Baru: Hijau, Tangguh, dan Sejahtera disusun berlandaskan kepada Visi Indonesia 2045 dan kearifan lokal Bali 'Nangun Sat Kerthi Loka Bali' yang bersumber dari nilai-nilai filosofi lokal Sad Kerthi dan semangat ajaran Hindu, Tri Hita Karana.

Baca juga : Bank Mandiri Taspen Dan UGM Teken Kerja Sama

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, peta jalan ini menjabarkan strategi dan rencana aksi pemulihan ekonomi jangka pendek dan strategi transformasi ekonomi Bali dalam jangka menengah panjang.

Selain itu, peta jalan ini mengakomodasi perubahan kehidupan pasca Covid-19 untuk menata kembali perekonomian Bali dengan prinsip memanfaatkan sumber daya lokal Bali, baik alam, manusia, maupun budayanya, secara berkelanjutan.

Suharso menjelaskan, perubahan tersebut di antaranya mempercepat otomatisasi dan digitalisasi pada segala aspek aktivitas pembangunan, memperkuat sektor lainnya di luar pariwisata, mengembangkan pariwisata berkualitas, serta menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan melalui ekonomi hijau.

Baca juga : Sinergitas Para Pihak, Kunci Keberhasilan Penanganan Banjir Kalbar

"Melalui upaya-upaya tersebut, ekonomi Bali diharapkan akan pulih lebih kuat, tidak hanya kembali ke trajectory pertumbuhan sebelum pandemi Covid-19, namun mampu tumbuh berkelanjutan dan bertransformasi menuju Bali yang lebih hijau, tangguh, dan sejahtera," ujar Suharso, Kamis (2/12).

Sementara Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti menjelaskan, enam strategi besar transformasi ekonomi Bali adalah Bali pintar dan sehat, Bali produktif, Bali hijau, Bali Smart Island, Bali terintegrasi, dan Bali kondusif.

Amalia menjelaskan, proses penyusunan peta jalan ekonomi ini berlangsung sejak April 2021, dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, mencakup Pemprov Bali, Bappeda Provinsi Bali, Badan Riset dan Inovasi Bali, hingga masyarakat. Melalui serangkaian focus group discussion (FGD) dan proses analisis yang mendalam.

Baca juga : Andika Mulai Siapkan Pengamanan Di Bali

"Peta jalan ini menjadi upaya Kementerian PPN/Bappenas untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi Bali akibat Covid-19 serta transformasi ekonomi Bali untuk mewujudkan Bali era baru,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.