Dark/Light Mode

Pasca Pandemi, CFO Berperan Penting Dalam Keberlanjutan Perusahaan

Senin, 13 Desember 2021 18:50 WIB
Pasca Pandemi, CFO Berperan Penting Dalam Keberlanjutan Perusahaan

RM.id  Rakyat Merdeka - Peran Chief Financial Officer (CFO) atau Direktur Keuangan kian strategis di era digitaliasi dan pandemi Covid-19 ini. Dulu, CFO hanya bertugas mengelola keuangan perusahaan, tapi belakangan berkembang lebih luas tanggungjawabnya. Mulai dari inisiatif strategi bisnis, transformasi digital hingga urusan ESG (Environment, Social and Governance).

“Basic knowledge keuangan sangat penting. Namun, CFO harus memiliki pengetahuan digital pula, yang tidak hanya digunakan untuk proses bisnis internal, tetapi juga untuk memahami industri lain. Sebab, saat ini pasar pun hampir semuanya sudah digital,” ungkap Heri Supriadi, Direkur Keuangan Telkom Indonesia pada media.

Baca juga : Sekjen MPR Ingatkan Pentingnya Pembangunan Karakter Bangsa

Di industri keuangan, CFO harus selalu update perkembangan saat ini, terutama di dunia finansial. Satu hal yang menjadi titik perhatian sektor finansial global adalah adanya perhatian yang lebih serius terhadap masalah ekonomi berkelanjutan, yang pada gilirannya menuntut komitmen perusahaan untuk mendukung setiap upaya dan inisiatif green economy terkait ESG (environment, social, governance) demi mewujudkan tata kelola perusahaan yang ramah lingkungan.

Wakil Rektor Universitas Prasetiya Mulya, Djoko Wintoro menuturkan, saat ini CFO harus bisa menangkap peluang bisnis baru di masa pandemi dan harus mulai memikirkan inovasi model bisnisnya ke depan, desain bisnis, serta elemen digital seiring dengan berubahnya kebiasan konsumen.

Baca juga : Ini Resep Pupuk Indonesia Bersaing Dengan Swasta

“Jika dulu departemen finance hanya berfokus pada reporting performance, tapi sekarang bisa juga untuk meningkatkan experience konsumen sehingga secara tidak langsung akan berpengaruh kepada revenue perusahaan,” kata Djoko.

Perubahan peran CFO juga terlihat dari survei yang dilakukan oleh McKinsey & Company pada 2021, yang mengonfirmasi peran para pemimpin keuangan yang terus berkembang, bahkan mengalami perubahan yang dramastis terkait dengan tren yang terjadi belakangan ini. Misalnya, terkait pandemi Covid-19, meningkatnya perhatian terhadap isu-isu sosial dan lingkungan, serta adopsi teknologi yang dipercepat untuk menangani berbagai masalah bisnis dan sosial. Hal itu memacu pergeseran yang fundamental bagaimana orang dan para pelaku bisnis menyelesaikan pekerjaannya. Untuk memotret peran CFO saat ini, Majalah SWA kembali menyelenggarakan kompetisi Indonesia Best CFO. Para finalis mempresentasikan strategi dan terobosan mereka dalam mengelola keuangan perusahaan di hadapan Dewan Juri pada 26-27 Oktober 2021.

Baca juga : BAKTI Kominfo Tak Berhenti Penuhi Kebutuhan Telekomunikasi Di Nusantara

Hasil presentasi tersebut kemudian didiskusikan dalam rapat pleno Dewan Juri untuk menentukan peringkat pemenang. Dewan Juri Indonesia Best CFO 2021 terdiri dari Prof. Djoko Wintoro, Ph.D (Wakil Rektor Universitas Prasetiya Mulya), Philip Purnama (CEO J&P Nickel Smelter Group), Prof. Roy Sembel (Dosen IPMI International Business School), dan Rinaldi Firmansyah (Komisaris Utama PT Pertamina Hulu Energi).

Dewan Juri memilih 10 pemenang Best CFO 2021. Mereka adalah Evy Susanty (CFO Sun Energy), Evaliny (CFO PT Mount Scopus Indonesia/The Harvest Group), Heru Hendayanto (CFO Mandiri Sekuritas), Lea S.Kusumawijaya (CFO Bank Permata), Fransetya H.Hutabarat (CFO Kilang Pertamina Internasional), Qomaruzzaman (CFO Pupuk Kalimantan Timur), Arief A.Sanjaya (CFO Jakarta Industrial Estate Pulogadung), Alexnader J.Syauta (CFO Transkon Jaya), Ferdian T. Satyagraha (CFO Bank Jatim) dan Kristanto Sutadi (CFO Jafra Cosmetics Indonesia). [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.