Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pentingnya Rontgen Gigi Dalam Perawatan Gigi dan Mulut

Senin, 24 Januari 2022 06:02 WIB
Pentingnya Rontgen Gigi Dalam Perawatan Gigi dan Mulut

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) melaksanakan salah satu tridarma perguruan tinggi berupa Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bekerjasama Komunitas Ibu-ibu warga Wisma Cakra di Kelurahan Limo, Depok secara virtual (20/1) lalu.

Drg. Intan Farizka, Sp.Rad.OM pada media mengatakan rontgen gigi merupakan pemeriksaan penunjang perawatan gigi dan mulut krn salah satu manfaatnya yang dapat mendeteksi berbagai penyakit gigi dan mulut.

Baca juga : Ini Cara Kasepuhan Ciptagelar Pertahankan Adat Istiadat

"Rontgen gigi berperan penting untuk deteksi awal penyakit gigi, menunjang proses perawatan dan melihat keberhasilan perawatan gigi dan mulut. Meskipun rontgen gigi menggunakan radiasi namun tidak perlu khawatir karena pasien akan dilindungi dengan pakaian pelindung radiasi”, tutur drg Intan yang juga ketua PkM FKG Usakti secara daring melalui zoom, dihadapan puluhan Ibu-ibu warga limo, Depok.

Dengan tema "Sosialisasi Pentingnya Rontgen Gigi dalam Perawatan Gigi kepada Komunitas Ibu-Ibu warga Wisma Cakra di Kelurahan Limo, Depok", drg Intan bersama tim dosen FKG Usakti menjelaskan tentang peran rontgen gigi, deteksi awal karies serta anatomi gigi dan fungsinya dan menghimbau untuk merawat gigi dengan benar dan mengikuti rujukan dokter gigi untuk melakukan rontgen jika diperlukan

Baca juga : Tips Penggunaan Lidah Buaya Untuk Perawatan Kulit

Tim FKG Universitas Trisakti yang memberikan penyuluhan kali ini, terdiri dari , drg. Intan Farizka Sp. Rad.OM; drg. Ade Prijanti Sp.KG (K), PhD; drg. Niko Falatehan Sp.Pros; drg. Deviyanti Pratiwi MKes, drg. Sariyani P Audry, beberapa mahasiswa koas, dan Arda Candra Mahendra, SKM.

Sementara perwakilan Ibu-Ibu warga Limo Ibu Rachma Farida mengucapkan terimakasih atas pelatihan dan penyuluhan yang dilakukan FKG Universitas Trisakti " kami ucapkan terimakasih atas Pelatihan dan Ilmu yang diberikan dokter gigi dari trisakti, bagi saya dan teman-teman yang telah paruh baya kegiayan ini sangat bermanfaat terutama tentang gigi, kami berharap kegiatan ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan" ucapnya.

Baca juga : Peradi Sayangkan Minimnya Peran Advokat Dalam Pemerintahan

Dengan adanya penyuluhan ini, drg Intan berharap ibu-ibu warga limo menjalankan dan menyebarluaskan informasi yang disampaikan oleh tim penyuluh kepada keluarga maupun koleganya tentang pentingnya rontgen gigi dan tidak perlu khawatir untuk melakukan rujukan rontgen dari dokter giginya sehingga dapat menunjang keberhasilan perawatan. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.