Dark/Light Mode

Biznet Gio Gandeng RKB dan Volantis Technology Luncurkan Platform Pengenalan Wajah

Kamis, 27 Januari 2022 10:17 WIB
Biznet Gio Gandeng RKB dan Volantis Technology Luncurkan Platform Pengenalan Wajah

RM.id  Rakyat Merdeka - Mengawali tahun 2022, PT Biznet Gio Nusantara yang lebih dikenal sebagai Biznet Gio, anak perusahaan Biznet yang fokus bergerak di bidang layanan Komputasi Awan (Cloud Computing) di Indonesia, bersama PT Rekayasa Kecerdasan Buatan atau dikenal sebagai Riset.ai dan Volantis Technology meluncurkan platform cloud berbasis kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin atau Artificial Intelligence and Machine Learning (AI/ML).

Kedua perusahaan ini digandeng Biznet Gio untuk menghadirkan platform cloud pertama di Indonesia yang mengedepankan fitur AI/ML siap pakai. Aplikasi berbasis AI/ML dapat menghasilkan business intelligence yang sangat cepat, otomatisasi layanan, meningkatkan user experience, serta mendorong transformasi bisnis baik untuk layanan publik, kesehatan, pendidikan hingga pemerintahan. Salah satu keunggulan fungsi pengenalan wajah dari platform ini bahkan mampu mengotentikasi wajah dalam keadaan menggunakan masker.

Baca juga : Kemendag Gandeng Kemendikbudristek Luncurkan Penggerak Muda Pasar Rakyat

CEO Biznet Gio, Dondy Bappedyanto, mengungkapkan, “Peluncuran platform ini merupakan kolaborasi anak bangsa untuk menghadirkan teknologi AI/ML siap pakai. Platform yang kami hadirkan mampu menjadi terobosan untuk menghemat waktu proses penyediaan platform AI/ML yang sudah matang. Platform ini merupakan layanan pertama di Indonesia untuk mendukung para pengembang sistem dan aplikasi menciptakan solusi AI/ML secara independen tanpa perlu terikat kepada salah satu merek perangkat tertentu.”

Menurutnya, Penggunaan platform pengenalan wajah/objek ini mampu menghadirkan berbagai solusi, diantaranya otomatisasi absensi karyawan, fungsi identifikasi nasabah atau KYC (know your customer), aplikasi toko tanpa personil, ataupun kebutuhan penerapan verifikasi wilayah dengan protokol keamanan dan kesehatan. Terlebih lagi platform pengenalan wajah yang ditawarkan memiliki integrasi langsung dengan platform Peduli Lindungi dan mampu menyajikan informasi status vaksinasi secara cepat.

Baca juga : Riztra Dan BRIN Sepakat Telurkan Kajian Penanggulangan Hama

Pada peluncuran kali ini, Biznet Gio juga bekerja sama dengan Volantis Technology menghadirkan platform unifikasi data yang mampu menggabungkan berbagai jenis sumber data serta menyajikan hasil analisa secara cepat dan akurat. Platform unifikasi data ini mampu membantu berbagai perusahaan menggabungkan format data yang berbeda-beda, memecahkan kompleksitas data, mendesain saluran penggabungan data, serta dapat digunakan untuk membuat prediktor sesuai kebutuhan bisnis yang ingin dicapai.

“Kebutuhan akan pemanfaatan Big Data yang tepat dan efisien sangat diperlukan untuk mendorong inovasi dan pengambilan keputusan di banyak perusahaan di berbagai sektor bahkan kalangan individual profesional. Saat ini kebutuhan untuk pemanfaatan Big Data semakin meningkat selaras dengan semakin tingginya minat dan pengetahuan publik tentang teknologi AI/ML untuk menunjang kehidupan dan inovasi bisnis. Banyak hal yang bisa dikembangkan dari keduanya, salah satunya adalah Smart City,” ungkap Muhammad Habib Rosyad – CTO Volantis Technology.

Baca juga : Sinergi BRI dan Pegadaian, Luncurkan Kartu Kredit Berbasis Tabungan Emas

Melalui kolaborasi bersama Riset.ai dan Volantis Technology, Biznet Gio akan terus mendorong pengembangan teknologi AI/ML di Indonesia dengan dukungan infrastruktur cloud yang lebih canggih salah satunya dengan menghadirkan GPU (Graphic Processing Unit) yang sudah digunakan pada peluncuran platform ini. Platform AI/ML dengan dukungan GPU akan memiliki kemampuan komputasi yang lebih unggul dengan kemampuan 36 kali komputasi lebih cepat dibandingkan CPU (Central Processing Unit) biasanya.

“Ke depannya kami terus membuka peluang kerja sama untuk mendorong para pengembang sistem dan aplikasi dalam memaksimalkan solusi layanan berbasis AI/ML sebanyak-banyaknya. Tujuannya adalah untuk mendukung otomatisasi dan produktivitas di berbagai sektor industri. Kami yakin dengan dukungan seluruh pemangku kepentingan dalam hal pengembangan teknologi AI/ML, maka percepatan transformasi digital di Indonesia akan semakin tinggi,” tutup Dondy. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.