Dark/Light Mode

Peduli Udara Sehat dan Bersih, Universitas Budi Luhur Gelar GREEN SUNMORI Motor Listrik

Rabu, 16 Februari 2022 15:03 WIB
Peduli Udara Sehat dan Bersih, Universitas Budi Luhur Gelar GREEN SUNMORI Motor Listrik

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai upaya mengurangi polusi udara dengan kampanye Bersih dan Sehat Udara Negriku, sekaligus menjadi rangkaian ulangtahun Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti ke 43 tahun. Universitas Budi Luhur melaksanakan acara GREEN Sunday Morning Ride (SUNMORI) menggunakan 2 motor listrik, BL-CEV01(Budi Luhur-Cargo Electric Vehicle-01) dan BL-SEV01(Budi Luhur- Sport Electric Vehicle-01).

Rute perjalanan GREEN SUNMORI ini dimulai dari Kampus Budi Luhur menuju Monas melintasi jalan Sudirman, jalan MH Thamrin, jalan Merdeka Utara, Harmoni, Kota Tua dan berakhir di kawasan Gelora Bung Karno,Senayan. Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc, MM mengatakan bahwa tujuan Sunmori ini mengajak masyarakat untuk peduli pada lingkungan.

Baca juga : Sambut HUT ke-43, Universitas Budi Luhur Gelar Vaksin Booster, Festival hingga Kompetisi

"Motor listrik BL-CEV01 dan BL-SEV01 ikut Sunmori mengajak masyarakat untuk ikut menjaga udara bersih dan sehat untuk itu kami touring ke Monas. Mari kita sama-sama menjaga udara lepas dari polusi dan selalu sehat serta bersih," ujar Dr. Wendi.

Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik, Sujono, M.T menambahkan bahwa tujuan GREEN Sunmori mengedukasi masyarakat untuk mengurangi ketergantungan BBM dan bebas polusi.

Baca juga : Perkuat Kerja Sama Pendidikan, Untidar Magelang Gaet Universitas Unggulan Di Belarus

"Kita melakukan Sunmori bertujuan untuk green sunmori dalam rangka peringatan ulang tahun Universitas Budi Luhur ke-43 ini dan ini mewujudkan kendaraan bersih bebas emisi. Dan Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan lancar dengan total jarak tempuh mencapai 9 KM harapan kami kendaran listrik semakin maju sehingga menjadi lingkungan bersih dan sehat," kata Sujono, MT.

Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, MBA mengatakan di tengah pandemi COVID-19 ini Universitas Budi Luhur terus melakukan inovasi dan berkarya untuk bangsa dan negara.

Baca juga : Pertamina Siapkan Outlet Tukar Baterai Motor Listrik

"Universitas Budi Luhur konsisten mengembangkan kendaraan listrik riset dan inovasi untuk dosen serta mahasiswa. Walaupun sedang dilanda pandemi Covid-19 tetapi kami dosen dan mahasiswa tetap menghasilkan karya salah satunya motor listrik BL-SEVO1 telah melakukan turing Jakarta-Mandalika pada Oktober 2021" pungkas Kasih.

Sebagai tambahan, motor listrik karya dosen dan mahasiswa Universitas Budi Luhur BL-SEV01 sukses melakukan perjalanan dengan rute Jakarta-Mandalika, Lombok, NTB, sejauh 1.340 km. BL-SEV01 menjadi sepeda motor listrik buatan dosen dan mahasiswa pertama yang melakukan perjalanan hingga Sirkuit Mandalika dan bisa dibanggakan oleh semua pihak. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.