Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kembangkan Motor Listrik, Universitas Budi Luhur Dapat Acungan Jempol Bamsoet

Selasa, 6 Juli 2021 14:36 WIB
Ketua MPR/Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (kanan) menerima Rektor Universitas Budi Luhur Wendi Usino dan rombongan, di Jakarta, Selasa (6/7). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR/Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (kanan) menerima Rektor Universitas Budi Luhur Wendi Usino dan rombongan, di Jakarta, Selasa (6/7). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mendukung kegiatan civitas akademika Universitas Budi Luhur yang berencana menggelar touring Jakarta-Mandalika pada Agustus 2021. Touring ini akan menggunakan motor listrik dengan tampilan sportbike karya anak bangsa, Budi Luhur Sport Electric Vehicle/BL SEVO1, hasil kolaborasi Universitas Budi Luhur bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Katros Garage.

"BL SEV01 telah diuji coba di Sirkuit Internasional Sentul pada April 2021, dengan teknisi dan tenaga dari kalangan akademisi Universitas Budi Luhur. Memiliki kecepatan hingga 140 kilometer per jam, menandakan bahwa anak bangsa bisa menghasilkan kendaraan listrik secara mandiri. Sekaligus menandakan dimulainya era migrasi penggunaan kendaraan konvensional ke kendaraan listrik," ujar Bamsoet, sapaan akrab usai menerima Rektor Universitas Budi Luhur Wendi Usino dan rombongan, di Jakarta, Selasa (6/7).

Baca juga : Pemerintah Kucurkan Dana Rp 2,33 Triliun

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, rute touring Jakarta-Mandalika yang dilalui antara lain Jakarta-Cirebon-Semarang-Klaten-Madiun-Surabaya-Situbondo-Ketapang. Kemudian menyeberang ke Pulau Bali melanjutkan rute Gilimanuk-Singaraja-Denpasar-Padang Bah. Selanjutnya menyeberang ke Pulau Lombok, melanjutkan rute Mataram dan finish di Sirkuit Internasional Mandalika.  

"Selain menguji endurance BLSEV01, touring tersebut juga harus dijadikan momentum mengedukasi dan memotivasi masyarakat tentang pentingnya menggunakan kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan ramah pengeluaran. Sekaligus mempromosikan potensi pariwisata dan berbagai capaian pembangunan yang telah dilakukan pemerintahan Presiden Joko Widodo di berbagai daerah yang dilalui selama touring," jelas Bamsoet.

Baca juga : Tingkatkan Literasi dengan Kolaborasi

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga mengapresiasi keseriusan Universitas Budi Luhur dalam mengembangkan kendaraan listrik. Salah satunya dengan mendirikan Pusat Studi Kendaraan Listrik (PSKL), sebagai katalisator interdisiplin ilmu untuk bersinergi melakukan berbagai kajian terkait pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Fokus arah kajiannya antara lain pada komponen, prototipe, hingga penunjang pengembangan kendaraan listrik.

"Tidak heran selain mengembangkan BLSEV01, Universitas Budi Luhur juga telah melahirkan berbagai kendaraan listrik yang membanggakan. Antara lain mobil listrik BLITS, hasil kolaborasi dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Telah digunakan dalam event PLN BLITS Explore Indonesia 2018, touring keliling Indonesia dari Sabang sampai Merauke dengan jarak tempuh mencapai 20.000 kilometer," tutur Bamsoet.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.