Dark/Light Mode

Kini Bayar Zakat di Baznas Bisa Dengan QR Code

Selasa, 12 April 2022 19:02 WIB
Kini Bayar Zakat di Baznas Bisa Dengan QR Code

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menunaikan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui metode pembayaran digital yang mudah dan cepat dengan memindai QR Code atau Kode QR BAZNAS yang disaksikan Ketua BAZNAS Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA, di Istana Negara Jakarta, Selasa (12/4).

Penyerahan Zakat Istana yang bertajuk "Nusantara Cinta Zakat" ini diikuti oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma'ruf Amin, para menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala Lembaga Tinggi Negara, Direksi BUMN, Pejabat Kementerian Lembaga, dan Kepala Daerah yang diselenggarakan secara hybrid.

Baca juga : Kanada Mau Perkuat Kemitraan Dengan ASEAN

Ketua BAZNAS RI Prof Dr KH Noor Achmad MA mengapresiasi pemberian zakat yang dilakukan Presiden Jokowi beserta jajarannya.

Menurut Noor, langkah ini menjadi teladan baik bagi masyarakat. Tak hanya itu, Noor juga mengatakan, BAZNAS juga terus berinovasi dalam memberi kemudahan dan kenyamanan para muzaki menunaikan zakatnya demi mendorong peningkatan penghimpunan zakat, infak, dan sedekah agar dapat dirasakan manfaatnya oleh umat.

Baca juga : Lestari: Bangun Kemandirian Bangsa Dengan Dialog

"Alhamdulillah kami telah menyaksikan Bapak Presiden RI menunaikan zakat ke BAZNAS melalui layanan kemudahan berzakat hanya dengan memindai QR Code/Kode QR BAZNAS RI. Hal ini merupakan upaya BAZNAS memberikan layanan zakat, infak, dan sedekah kepada para muzaki agar lebih mudah dan cepat," ujar Prof Noor.

Menurut Prof Noor, BAZNAS terus memberi kemudahan kepada masyarakat menunaikan zakatnya, salah satunya dengan cara digitalisasi. Terlebih di masa pandemi yang meminimalkan kontak langsung, jadi para muzaki dapat dengan tenang dan cepat dalam membayar zakat.

Baca juga : Korut Bongkar Hotel Lambang Perdamaian Dengan Korsel

"BAZNAS harus menyesuaikan diri dengan era digital sehingga hadir dan dekat dengan umat serta masyarakat. Dengan begitu, BAZNAS menjadi tempat tujuan pertama para pembayar zakat," ujarnya.

Saat ini, BAZNAS telah berkolaborasi dengan lebih dari 80 mitra platform digital, yang terdiri atas beragam peran, antara lain sebagai fasilitas payment gateway, crowdfunding, e-commerce, penyediaan QRIS untuk ZIS, dan penyedia teknologi chatbot ataupun teknologi augmented reality (AR). [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.