Dark/Light Mode

Ratusan Biker Rayakan DGR dan Charity

Selasa, 24 Mei 2022 21:02 WIB
Ratusan Biker Rayakan DGR dan Charity

RM.id  Rakyat Merdeka - Distinguished Gentleman's Ride atau DGR dirayakan di seluruh dunia pada hari ini, Minggu (22/5) lalu. Hal paling unik dari DGR, semua bikers berpakaian necis alias rapi ala 'Gentleman' seperti pakai jas, rompi, kemeja, sampai sepatu pantofel untuk DGR Jakarta 2022.

Event yang diikuti oleh ratusan bikers ini diinisiasikan oleh komunitas motor di Jakarta RISE atau Rider Sejati. DGR Jakarta mengambil start point dari Motovillage Jakarta di bilangan Antasari, Jakarta Selatan. Riding mengambil rute Fatmawati-Blok M-Senopati-SCBD-JCC Senayan-Gatot Subroto-Kuningan-Menteng-Cikini-Thamrin-Sudriman. Akhirnya peserta riding finis kembali di Motovillage Jakarta.

Baca juga : Ratusan Nelayan di Perbatasan NKRI Dapat Bantuan dari Baznas

Menurut Budi Prakoso dari Rider Sejati, kurang lebih ada 300 sampai 380 motor yang mengikuti riding DGR Jakarta 2022 ini. "Total kira-kira timur sampai barat sekitar 300 motor, mungkin 380 motor ya," ujar Budi Prakoso.

Pria yang akrab disapa Osa ini menjelaskan, Rider Sejati merupakan komunitas motor yang terbuka alias free for all, tidak bergantung pada satu merek motor mana pun. Makanya di DGR ini enggak cuma motor gede, motor klasik, atau skuter Vespa yang bisa ikutan. Ada juga motor matik seperti Yamaha NMAX, XMAX dan masih banyak lagi.

Baca juga : Putusan MK Soal UU Ciptaker, Puan: DPR Tunggu Supres

Memang DGR Jakarta 2022 tidak seramai tahun-tahun sebelumnya karena masih di tengah pandemi Covid-19. Namun dengan lebih longgarnya aturan pengetatan, bisa dibilang lebih banyak bikers yang ikut dibandingkan tahun 2021. Meski begitu, diakui Osa DGR tahun ini terkesan buru-buru.

"DGR tahun ini semua ini terkesan buru-buru, beberapa pihak yang terkait juga belum siap," ujar founder Rider Sejati, Alfin Kafia Rahman.

Baca juga : Ratusan Kader Banteng Tapanuli Utara Ramaikan Senam Cinta Tanah Air

"Jadi kami bikin sendiri dengan menggandeng berbagai komunitas motor di Jakarta," sambungnya, Alfin yang juga Chief. Tak hanya riding, DGR secara global juga diisi dengan charity untuk penyembuhan kanker prostat. Namun untuk DGR Jakarta 2022, hasil charity yang berhasil dikumpulkan RISE akan disumbangkan ke Yayasan Kanker Indonesia. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.