Dark/Light Mode

Ratusan Orang Jamaah Naqsyabandiyah Padang Sudah Shalat Id

Minggu, 1 Mei 2022 12:58 WIB
Jamaah Naqshabandiyah Padang melaksanakan shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Surau Baitul Makmur, Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Padang, Sumatera Barat, Minggu, 1 Mei 2022. (Foto Antara/Ikhwan Wahyudi).
Jamaah Naqshabandiyah Padang melaksanakan shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Surau Baitul Makmur, Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Padang, Sumatera Barat, Minggu, 1 Mei 2022. (Foto Antara/Ikhwan Wahyudi).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekitar 100 pengikut Tarekat Naqsyabandiyah Surau Baitul Makmur, Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Padang telah melaksanakan shalat Idul Fitri 1443 Hijriah pada Minggu (1/5).

Pelaksanaan Shalat Id di Surau Baitul Makmur berlangsung dengan khidmat dan khusyuk diawali dengan membaca lafaz takbir oleh seluruh jamaah.

Baca juga : Tampung 60 Ribu Jamaah, Anies Baswedan Akan Shalat Id Di JIS

Usai pelaksanaan shalat jamaah Naqshabandiyah melanjutkannya bertakbir dan membaca doa bersama sekitar 30 menit. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembacaan khutbah Idul Fitri oleh pimpinan Jamaah Tarekat Naqsyabandiyah Surau Baitul Makmur.

Dilansir Kantor Berita Antara, Khutbah dibacakan dalam bahasa Arab yang didahului kumandang azan oleh salah seorang jamaah. Ketika membaca khutbah, khatib berdiri sambil memegang tongkat kayu sembari memegang buku yang merupakan materi khutbah. Ia berpakaian serba putih dan mengenakan selendang. Sebagian besar jemaah adalah bapak-bapak dan ibu-ibu yang telah berusia lanjut.

Baca juga : Dinilai Sukses, Tangerang Jadi Tuan Rumah City Sanitation Summit

Menurut Juru Bicara Jamaah Tarekat Naqshabandiyah Surau Baitul Makmur, Alfitman, 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Minggu 1 Mei 2022. Ia menyampaikan pihaknya telah melaksanakan ibadah puasa selama 30 hari yang dimulai pada Jumat 1 April 2022. Karena itu, pada hari ini 1 Mei 2022 mereka Lebaran.

Untuk metode penetapan awal bulan ia menggunakan dua cara yaitu hisab munjib dan rukyatul hilal. Ini berdasarkan kalender kemudian dilakukan pengujian dengan bulan sebelumnya apakah sudah masuk bulan baru dengan melakukan pengamatan, ujarnya.

Baca juga : Mau Mudik Aman & Bertanggung Jawab? Pastikan Anda Sudah Disuntik Booster

Ia menyebut, di Padang terdapat puluhan masjid dan mushala yang menjadi pusat peribadatan Jamaah Tarekat Naqsyabandiyah. Masjid dan mushalla tersebut tersebar di Kecamatan Pauh dan Kecamatan Lubuk Kilangan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.