Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Baznas Bantu Santri di Jawa Timur Untuk Berwirausaha

Sabtu, 4 Juni 2022 21:31 WIB
Baznas Bantu Santri di Jawa Timur Untuk Berwirausaha

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI memberikan bantuan BAZNAS Santripreneur. Simbolisasi penyerahan bantuan diberikan Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin, dan disaksikan oleh Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad, MA, dan Pimpinan BAZNAS RI, Saidah Sakwan MA, kepada para santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum di Desa Rejoso, Peterongan, Jombang, Jawa Timur, Jumat (3/6).

"Dibutuhkan juga santri-santri yang memakmurkan bumi, makanya ada bantuan santripreneur, saya menyebutnya Gus Iwan. Gus Iwan itu santri bagus, pintar mengaji, usahawan. Memakmurkan bumi dengan mengembangkan ekonomi. kunci utamanya adalah sumber daya manusianya," kata Wapres Ma'ruf dalam sambutannya.

Baca juga : Puan Panjatkan Doa Untuk Eril Dari Tanah Suci

"Maka umat Islam supaya dilatih dalam rangka memakmurkan sekaligus memberdayakan umat, supaya umat menjadi kuat dan mandiri. Oleh karena itu pesantren harus berfungsi sebagai tempat pemberdayaan masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA, mengatakan program BAZNAS Santripreneur adalah sebuah program pembinaan, pendampingan, dan pelatihan bisnis serta bantuan modal usaha yang ditujukan kepada para santri yang ingin menggeluti usaha.

Baca juga : Menuju Era Keemasan, Ini Kontribusi 50 Tahun HIPMI Untuk Indonesia

"BAZNAS Santripreneur ini merupakan program lanjutan dari program sebelumnya yang sudah ada, yakni BAZNAS Milenialpreneur yang telah dilaksanakan pada tahun 2020 lalu. Ini merupakan bentuk kepedulian BAZNAS terhadap perekonomian keluarga para santri. Bagaimana BAZNAS ingin membantu mereka mandiri secara ekonomi dan berkembang," kata Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

BAZNAS Santripreneur total sebanyak 103 santri di Jawa Timur mendapatkan bantuan santripreneur yang bertujuan untuk membantu para santri dalam berwirausaha. Penerima manfaat ini adalah bagian dari program BAZNAS Santripreneur yang menyasar 5.000 orang lebih ditujukan untuk para santriwan/santriwati lulusan pondok pesantren berusia 17 sampai 30 tahun yang aktif di bidang wirausaha.

Baca juga : Catat! Mulai Hari Ini Rute KRL Jabodetabek Berubah

"Tentunya kami sangat berterima kasih kepada muzaki yang telah membantu upaya BAZNAS dalam menyukseskan berbagai program, yang tujuan utamanya menyejahterakan umat," kata Noor. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.