Dark/Light Mode

Damar Meja Hijau Kembali Buka Unit Kegiatan Sosial Melalui Damar Thrift Shop Dan Coffee Shop

Sabtu, 16 Juli 2022 22:52 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Yayasan Damar Meja Hijau terus mengembangkan konsep clkarya sosialnya untuk masyarakat dengan membuka unit kegiatan sosial baru melalui Damar Thrift Shop dan Coffe Shop.

Yayasan Damar Meja Hijau sendiri merupakan rumah bagi aksi sosial para akademisi dan praktisi hukum yang ingin memberikan kontribusi sosial bagi masyarakat yang membutuhkan baik pada bidang pendidikan, kesehatan maupun kewirausahaan.

Ditemui di sela-sela peresmian Damar Thrift Shop dan Coffe Shop di Jalan Pala Raya, Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Sabtu (16/7), pendiri sekaligus Ketua Yayasan Damar Meja Hijau Lintang Suryaningtyas memaparkan konsep aktivitas sosial yang dilakukan.

"Damar itu adalah pelita, yang bisa menginspirasi kita menjadi sumber terang bagi lingkungan sekitar, membantu sesama yang kurang beruntung, dan membutuhkan uluran tangan kita. Itu inti aktivitas kami di Damar selama ini dan khusus hari ini hadir unit kegiatan baru kami melalui Thriftshop dan Coffeshop," ungkap Lintang, yang merupakan akademisi sekaligus praktisi hukum pada Andriani, Riani & Hutabarat Law Office tersebut.

Baca juga : EZVIZ C6 Dapat Mengawasi Aktivitas di rumah Melalui Smartphone

Kata Lintang, Damar Thrift Shop akan fokus mengumpulkan donasi dari berbagai pihak selain dalam bentuk uang, juga berupa barang layak pakai, yang selanjutnya akan dijual dengan harga murah.

"Konsepnya kami membantu masyarakat yang memiliki dana terbatas, agar memperoleh barang yang dibutuhkan dengan kualitas baik, tentu saja harga murah sekitar Rp 10-100 Ribu paling mahal tentu sesuai merk barang juga. Karena ada juga yang donasikan barang branded layak pakai kita sesuaikan harganya,“ papar Lintang.

Pengajar di FH Universitas Atma Jaya itu menambahkan uang hasil penjualan donasi atau barang yang diterima, selanjutnya disumbangkan kepada masyarakat yang memang layak dibantu.

"Selama ini kami ikut membantu dua orang survivor cancer, memberikan donasi buku dan alat belajar untuk anak-anak di pedalaman NTB dan beasiswa bagi pendidikan dasar di Jawa Barat," sambungnya.

Baca juga : Selain Thomas Doll, Persija Kembali Bakal Datangkan Dua Pelatih Asing

Sementara untuk Damar Coffee Shop, seperti layaknya kafe menjual kopi dan makanan ringan. Selain itu juga diadakan kegiatan seperti barista training untuk memberi pengetahuan dasar bagi anak muda yang tertarik di bidang kopi.

"Untuk sementara ini kami fokus dulu untuk daerah sekitar lokasi kami sekaligus bisa membuka lapangan kerja meski dalam dalam skala kecil," ucapnya sambil mengungkapkan filosofi Damar Meja Hijau yaitu “nguwongke uwong”-humanize human.

Ditambahkan Ketua Pembina Yayasan Damar Meja Hijau Samuel Hutabarat bahwa Aksi sosial Damar tidak berhenti di situ karena lokasi Damar Coffee Shop dan Thrift Shop di Pondok Cabe ini juga terbuka untuk semua pedagang keliling atau ojek yang berada dalam perjalanan di sekitar lokasi.

Konsepnya mereka dapat singgah untuk mendapat minuman panas atau dingin secara gratis dan obat-obatan secukupnya yang mungkin dibutuhkan.

Baca juga : Bandara Lombok Kembali Layani Penerbangan Rute Internasional Kuala Lumpur - Lombok

"Dan mereka juga dapat singgah dan memperoleh satu potong baju layak pakai gratis, jika berkenan. Harapannya tentu saja kehadiran Damar ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. Itu saja,“ pungkas Samuel yang juga mengajar di FH Universitas Atma Jaya Jakarta tersebut. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.