Dark/Light Mode

Dukung Pelumas Hasil Anak Bangsa

Pertamina Lubricants Komit Hadirkan Produk-produk Unggulan

Rabu, 20 Juli 2022 14:10 WIB
Foto: Dok. Pertamina Lubricants
Foto: Dok. Pertamina Lubricants

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Lubricants (PTPL), anak perusahaan PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Pertamina berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk pelumas unggulan karya anak bangsa yang memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

PTPL telah men-sertifikasi sebanyak 128 produk pelumas dengan nilai kandungan melebihi dari 40 persen dan dengan total rata-rata TKDN atas 70 persen untuk produk pelumas segmen otomotif dan industri.

Hal ini sejalan dengan komitmen Pertamina untuk terus meningkatkan pemanfaatan produk dalam negeri dan mengutamakan industri domestik pada pelaksanaan proses bisnis maupun proyek Pertamina, tak terkecuali produk-produk pelumas.

Baca juga : Sinergi BUMN Bersama BRI, Pertamina Lubricants Luncurkan Aplikasi POWER

Ini juga sesuai dengan regulasi Pemerintah untuk mendorong pergerakan ekonomi nasional yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri serta peraturan Kementerian terkait lainnya.

Direktur Utama PTPL Werry Prayogi mengatakan bahwa dengan TKDN yang tinggi, produk pelumas Pertamina mampu bersaing secara kompetitif di pasar dan memiliki daya saing yang tinggi di industri nasional.

"PTPL juga mendukung program pemerintah dalam Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dengan terus menyuplai pelumas untuk segmen industri di sektor-sektor strategis di Indonesian," ujarya dalam keterangan, Rabu (20/7).

Baca juga : Partai Buruh Desak Aturan Cuti Melahirkan 6 Bulan

Dari sisi produksi (manufacturing) pelumas, PTPL menggunakan raw material core (bahan baku utama) 87 persen lebih dengan produk dalam negeri dan raw material support (bahan baku pendukung / packaging) menggunakan 100 persen produk lokal.

Produk-produk pelumas ini antara lain GC lube, Kompen, Turalik, Masri Series, Meditran Series, Turbolube, Medripal, Mesran, Prima XP, Mesran dan masih banyak lagi.

"Sampai saat ini, PTPL terus melakukan sertifkasi TKDN oleh surveyor independen untuk produk-produk lainnya," ujar Werry. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.