Dark/Light Mode

IMDI Tindak Lanjut Hasil KTT G20 di Bali Dalam Sektor Transformasi Digital

Jumat, 23 Desember 2022 10:03 WIB
IMDI Tindak Lanjut Hasil KTT G20 di Bali Dalam Sektor Transformasi Digital

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia berhasil memimpin dan menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi Presidensi G20. Transformasi digital menjadi salah satu agenda yang menjadi perhatian pemimpin negara anggota G20 serta menjadi isi Deklarasi Bali

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan bahwa kita meluncurkan Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI)  ini adalah salah satu  tindak lanjut dari hasil KTT G20 di Bali khususnya di sektor transformasi digital. Survei IMDI pertama kalinya menggunakan toolkit yang direkomendasikan atau diadopsi pada saat G20 Summit.

Baca juga : Moeldoko: RI Butuh 9 Juta Talenta Untuk Percepatan Transformasi Digital

” IMDI terdiri atau diukur dalam empat pilar penting yaitu pilar yang pertama infrastruktur dan ekosistem, kedua keterampilan digital, ketiga pemberdayaan dan pilar yang keempat adalah pilar pekerjaan,” jelasnya usai meluncurkan IMDI 2022 di Ballroom Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Selasa (20/12).

“Dari survei di 514 kabupaten dan kota, Kementerian Kominfo menemukan indeks masyarakat digital di Indonesia dengan disparitas cukup tinggi antara wilayah satu dengan lainnya.  Sehingga tantangan berikutnya adalah bagaimana mengupayakan agar indeks masyarakat digital Indonesia itu lebih merata di Indonesia," tuturnya

Baca juga : ICMI Jadi Pelopor Aksi Transformasi Bangsa

“Capaian tahun pertama survei IMDI, indeks masyarakat di Indonesia sebesar 37,8 dari skala 1 sampai 100,”ungkapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.