Dark/Light Mode

Manfaat Kunyit Untuk Jaga Kekebalan Tubuh Jelang Ramadan

Kamis, 16 Februari 2023 21:23 WIB
Nutrition Talk yang digelar Herbalife Nutrition Indonesia (Foto: Dok. Herbalife)
Nutrition Talk yang digelar Herbalife Nutrition Indonesia (Foto: Dok. Herbalife)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain sebagai bahan masakan, kunyit juga telah digunakan sejak 600 SM oleh bangsa India dalam pengobatan tradisional. Di Indonesia, kunyit adalah tanaman herbal yang biasa diolah menjadi jamu tradisional.

Kunyit memiliki nama umum turmeric atau nama ilmiah ‘curcuma longa’. Kunyit mengandung bahan kimia berwarna kuning yang disebut kurkumin, sehingga sering digunakan sebagai pewarna makanan kosmetik atau obat tradisional. Berbagai studi telah menyebutkan, selain memberi warna, kurkumin juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kunyit memiliki kandungan beragam nutrisi dari protein, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin C dan zat besi. Kunyit juga mengandung senyawa yang bersifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Baca juga : DPR Ingatkan LPSK Konsisten Jaga Keselamatan Bharada E

“Turmeric memiliki senyawa bioaktif seperti kurkumin yang memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan, turmeric aman dikonsumsi secara sampai dengan 500 mg dua kali dalam sehari selama 30 hari,” ujar Nutrition Advisory Board (NAB) Herbalife Nutrition Indonesia, Dr. Rimbawan, dalam Nutrition Talk, seperti keterangan yang diterima redaksi, Kamis (16/2).

Dalam mengoptimalkan khasiat dari kandungan kunyit, pada Desember 2022, Herbalife Nutrition mengumumkan peluncuran produk terbaru Immunoturmeric di kawasan Asia Pasifik. Produk Immunoturmeric dikembangkan dengan bahan baku terbaik, dibudidayakan petani kunyit di Jawa Tengah, Indonesia. Produk baru ini semakin melengkapi rangkaian suplemen nutrisi perusahaan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat dan sehat.

Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi, mengatakan bahwa peluncuran produk Immunoturmeric merupakan komitmen Herbalife Nutrition untuk memberikan produk nutrisi berkualitas tinggi yang didukung ilmu pengetahuan dan para ahli nutrisi untuk memenuhi permintaan konsumen yang terus berkembang saat ini.

Baca juga : Ini Manfaat Hyaluronic Acid Untuk Kesehatan Rambut

“Mulai dari memastikan sumber bahan baku yang berkualitas hingga mengadopsi teknologi canggih, yang dipandu program Seed to Feed mencakup kontrol kualitas, kami secara berkesinambungan melakukan pengetesan pada produk untuk memastikan standar dalam pengembangan dan manufaktur produk,” kata Andam.

Produk ini diiformulasikan untuk menjaga kesehatan dan stamina juga kekebalan tubuh. Setiap kapsul Immunoturmeric terdiri dari 336 mg rimpang curcuma domestica dalam partikel berukuran nano. Produk ini dikembangkan dengan menggunakan bahan-bahan alami, tidak mengandung pewarna makanan atau penyedap tambahan. 

Andam melanjutkan, menjaga stamina dan daya tahan tubuh umumnya menjadi perhatian masyarakat yang menjalankan ibadah puasa di Ramadan nanti. Tidak hanya mengubah pola makan dan pola tidur, tetapi jam biologis tubuh juga akan mengalami serangkaian perubahan, baik secara fisik maupun mental saat berpuasa. Dehidrasi dan lapar karena puasa, akan menyebabkan tubuh memperlambat metabolisme untuk mengurangi penggunaan energi seefisien mungkin dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Baca juga : Golkar Komitmen Jaga Demokrasi Dan Perkuat Caleg Muda

“Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kondisi tubuh selama puasa di Bulan Ramadan, di antaranya memahami kebutuhan nutrisi. Selama Bulan Ramadan, untuk memenuhi jumlah energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh pada siang hari, maka harus mengonsumsi makanan yang kaya protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral, dan harus minum cukup air,” tutup Andam.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.