Dark/Light Mode

Ajinomoto Luncurkan Program Lingkungan MAPAN Ketiga di Karawang

Minggu, 8 Oktober 2023 08:28 WIB
Ajinomoto Luncurkan Program Lingkungan MAPAN Ketiga di Karawang

RM.id  Rakyat Merdeka - Menuju tahun 2030, seluruh afiliasi Ajinomoto di seluruh dunia - termasuk PT AJINOMOTO INDONESIA (Ajinomoto), mentransformasi seluruh karyawannya menjadi Health Provider. Sebagai bukti kontribusi Health Provider Ajinomoto terhadap masyarakat sekitar, Ajinomoto meluncurkan Program Lingkungan MAPAN (Mitra heAlth Provider AjiNomoto) di Desa Duren, Kecamatan Klari, Karawang; Kelurahan Sunter Jaya, Jakarta Utara dan Kelurahan Bulak Banteng, Surabaya. Karawang adalah tempat ketiga diadakan nya peluncuran Program Lingkungan MAPAN.

Dalam program ini, Ajinomoto mengedepankan peningkatan pemahaman gizi seimbang dan penyusunan menu menyehatkan bagi keluarga dengan konsep Bijak Garam, aktivitas ramah lingkungan, dan pengembangan ekonomi masyarakat melalui UMKM di bidang kuliner. Ajinomoto akan melaksanakan kegiatan ini secara menyeluruh sehingga bukan hanya peluncuran program tetapi akan ada sesi monitoring, konsultasi dan evaluasi. Pada program ini, Ajinomoto juga turut menggandeng PT Ray Hikmah Jaya (RHJ) yang berlokasi di Karawang. Sebanyak 1000 bibit ayam, 5 ton pakan ternak, dan tempat pilah sampah juga didonasikan pada acara ini untuk masyarakat setempat.

Baca juga : Mentan SYL Serahkan Surat Pengunduran Diri Ke Jokowi Lewat Mensesneg

Direktur PT AJINOMOTO INDONESIA, Jasman Silalahi dalam keterangan tertulisnya pada media, minggu (8/10) mengatakan, Ajinomoto menaruh rasa peduli yang besar dalam bidang kesehatan keluarga, karena dari keluarga yang sehat akan tumbuh bangsa yang kuat. Ajinomoto membantu keluarga Indonesia melalui peningkatan literasi gizi agar dapat menyiapkan makanan yang tidak hanya lezat namun bergizi seimbang. Dari segi kegiatan ramah lingkungan Ajinomoto Health Provider (dari Pabrik Karawang) menjelaskan kepada para peserta mengenai pentingnya memilah sampah di rumah. Dengan memilah sampah dari rumah, warga dapat membantu memelihara lingkungan sekitar, selain itu bisa ada nilai ekonomi nya juga jika warga ikut berkontribusi dalam proses daur ulang sampah.

Menurut Jasman, selain pilah sampah, kami juga memperkenalkan bagaimana pengolahan limbah padat maupun cair di Pabrik Karawang, hingga menjadi produk pakan ternak alternatif yang memiliki nilai jual. Kegiatan seperti ini akan terus kami (Health Provider) lakukan untuk membantu meningkatkan harapan hidup sehat masyarakat Indonesia dan mengurangi dampak lingkungan.

Baca juga : Ciptakan Energi Listrik Ramah Lingkungan, ABM Raih Penghargaan Tertinggi di Subroto Award 2023

“Kami juga peduli terhadap para pegiat UMKM, terutama yang bergerak di bidang kuliner. Kami juga mengundang seorang chef yang juga sukses mengembangkan usahanya di bidang kulinar. Kali ini Chef Jordhy Aldyan Latif – Alumni Master Chef Season 6, membagikan pengalamannya dalam merintis usaha kuliner, yang bisa memberikan inspirasi bagi warga Desa Duren. Ajinomoto juga mengajak para warga yang hadir yang berencana memulai usaha kuliner maupun yang sudah memiliki usaha kuliner untuk ikut serta dalam Lomba UMKM Kuliner Ajinomoto. Ajinomoto menyediakan hadiah berupa dukungan dana untuk pengembangan usaha bagi para pemenang Lomba UMKM Kuliner Ajinomoto ini,” ungkap Jasman Silalahi.

“Kami sangat berterima kasih kepada Ajinomoto. Karena dengan acara ini, kami bisa menambah wawasan tentang gizi, tentang kesehatan dan juga tentang lingkungan. Sudah disampaikan di pemaparan dokter spesialis gizi tadi bagaimana cara perbaikan gizi kepada anak yang mengalami stunting,” ujar H. Abdul Halim – Lurah Desa Duren.

Baca juga : Perkuat Program Pangan, Desa BSI Klaster Pertanian Padi Resmi Digelar

"Ajinomoto berharap, apa yang dibagikan para Health Provider dan juga narasumber lainnya dapat memberikan kontribusi nilai sosial yang baik dan dapat menjadi masukkan berguna serta memberikan nilai tambah bagi warga Desa Duren" pungkas Jasman.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.