Dark/Light Mode

Tingkatkan Kualitas Pekerja Informal, Mowilex Berikan Pelatihan Tukang

Kamis, 12 Oktober 2023 00:25 WIB
Tingkatkan Kualitas Pekerja Informal, Mowilex Berikan Pelatihan Tukang

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Mowilex Indonesia (Mowilex), produsen cat dan pelapis kayu premium terkemuka, bermitra dengan Habitat for Humanity Indonesia dalam program Sertifikasi Tukang sepanjang tahun 2023 – 2025 yang bekerjasama dengan Dewan Pertukangan Nasional dan Balai Latihan Kerja yang bertujuan untuk menghasilkan Tukang (pengrajin) yang berkualifikasi tinggi dan bersertifikat.

CEO PT Mowilex Indonesia, Niko Safavi dalam keterangan tertulisnya pada media menuturkan, Program pelatihan ini akan melatih 210 peserta dari Kabupaten Tangerang, termasuk para tukang cat, dinding, dan tenaga profesional lain di bidang konstruksi. Mowilex mendonasikan dana, cat, material dan tenaga pengajar sukarela untuk pelatihan yang telah disediakan oleh Balai Latihan Kerja Disnaker Kabupaten Tangerang.

Baca juga : Hadirkan Program Berkualitas, IndiHomeTV Gaet Rans Dan Taulany TV

Investasi program pelatihan tersebut akan membawa para profesional yang sangat dibutuhkan oleh industri ini. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan bahwa kurang dari satu juta dari 8,3 juta tenaga kerja bangunan di Indonesia yang telah tersertifikasi. Sertifikasi membuat para pekerja lebih kompetitif di pasar global. Sertifikasi juga membuka peluang kerja yang membantu pekerja berpenghasilan rendah untuk mencapai kemandirian finansial.

"Bersama-sama, Mowilex dan Habitat Indonesia mendidik generasi muda untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Program ini tidak hanya meningkatkan kualitas aplikasi cat secara keseluruhan, namun juga membuka kesempatan dengan keahlian yang memberikan manfaat lebih banyak lagi bagi seluruh masyarakat," jelas Niko Safavi.

Baca juga : BNPT Ingatkan Kelompok Kerja RAN PE Sampaikan Progres Pelaksanaan

"Habitat for Humanity Indonesia adalah pemimpin global yang membantu keluarga-keluarga untuk mencapai stabilitas dan kemandirian yang mereka butuhkan untuk membangun kehidupan yang lebih baik. Mowilex merasa terhormat dapat terpilih sebagai mitra proyek Habitat." Ujarnya.

“Kita tahu, di Indonesia, jumlah tukang yang bersertifikat masih sedikit. Pelaksanaan program pelatihan tukang bersertifikat ini merupakan suatu langkah yang efektif. Selain mendukung pemerintah melahirkan tukang yang ahli dalam pembangunan rumah yang lebih baik, pelatihan ini diharapkan meningkatkan penghasilan tukang kedepannya. Kami mengapresiasi dukungan Mowilex yang turut melancarkan program pelatihan ini.”, tambah Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia, Susanto.

Baca juga : Nuning: Agar Pengamanan KTT AIS Maksimal, Bisa Sertakan Pecalang

Pada sembilan hari pertama pelatihan, peserta akan dibekali dengan teori dan praktik. Pada hari ke-10, para peserta akan mengikuti ujian sertifikasi. Sertifikasi ini membekali para tukang dan aplikator dengan pengetahuan untuk membangun struktur komersial dan residensial yang kokoh yang memenuhi standar produsen bahan bangunan ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.