Dark/Light Mode

Nuning: Agar Pengamanan KTT AIS Maksimal, Bisa Sertakan Pecalang

Selasa, 10 Oktober 2023 10:53 WIB
Pengamat pertahanan dan intelijen Susaningtyas Kertopati (Foto: Istimewa)
Pengamat pertahanan dan intelijen Susaningtyas Kertopati (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States (KTT AIS). Acara digelar di Bali pada 11 Oktober 2023, dengan dihadiri 51 negara anggota.

Pengamat pertahanan dan intelijen Susaningtyas Kertopati menyatakan, KTT AIS merupakan acara besar. Untuk itu, persiapan pengamanan KTT AIS diharapkan mampu maksimal. "Dalam setiap penyelenggaraan operasi, diharapkan semuanya berjalan aman dan lancar," ucapnya, Selasa (10/10).

Baca juga : Cocok Dampingi Ganjar, Pengamat: Andika Berkomitmen Pada Intelektualitas

Untuk itu, sambung perempuan yang akrab disapa Nuning ini, sinergitas dan kerja sama antara TNI-Polri sangat dibutuhkan. TNI-Polri mengerahkan 15.581 personel dengan rincian 11.099 TNI dan 4.482 personel Polri untuk mengamankan penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023 di Nusa Dua, Bali.

"Seperti kita ketahui, Polri mengembangkan metode pengamanan mutakhir tentunya melakukan kerja sama dengan TNI dan posko-posko pengamanan agar terlaksana dengan baik. Dengan kekuatan pengamanan bersama TNI, bisa mengamankan KTT AIS Forum yang merupakan pertemuan negara pulau dan kepulauan," sambung mantan Anggota Komisi I DPR ini.

Baca juga : Imin Ajak Pendukung AMIN Jadi Juru Damai, Bukan Pemecah Belah

Agar pengamanan maksimal, Nuning juga menyarankan agar aparat melibatkan Pecalang. "Saran saya, sebaiknya metode dan sistem pengamanan daerah harus ikut menyertakan Pecalang sebagai kearifan lokal, sehingga serta merta seluruh unsur masyarakat membantu pengamanan perhelatan besar ini," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.