Dark/Light Mode

Bisnis Waralaba Indonesia Makin Diminati Masyarakat

Sabtu, 4 November 2023 16:01 WIB
Bisnis Waralaba Indonesia Makin Diminati Masyarakat

RM.id  Rakyat Merdeka - Dunia wirausaha memang selalu menjadi pilihan yang menarik bagi banyak kalangan. Apalagi jika usaha yang dijalankan memberikan ragam kemudahan dan fasilitas dukungan maksimal seperti franchise  atau waralaba. 

Hadirnya paket usaha atau bisnis berkonsep jejaring seperti franchise  diyakini menjadi satu dari sekian jalan keluar bagi orang yang susah menentukan ide atau konsep usaha namun ngebet ingin memiliki usaha. 

Diketahui, semangat kewirausahaan di Indonesia dari tahun ke tahun kian tumbuh membesar, yang ditandai dengan makin banyaknya orang yang terjun ke dunia usaha dengan menjadi wirausaha, mulai dari profesional, pensiunan hingga anak muda dan mahasiswa.

Tentu ini menjadi fenomena yang menarik sekaligus perlu diapresiasi. Pasalnya, dengan semakin banyaknya wirausaha baru yang muncul, akan sangat efektif untuk penciptaan lapangan kerja dan peningkatan pertumbuhan ekonomi bangsa.

Baca juga : Ribuan Kader Banteng Muda Indonesia Meriahkan Liga Kampung Soekarno Cup

Terlebih setelah pandemi Covid-19 mereda, bisnis waralaba kembali bergairah. Bahkan, ada yang tetap mengalami pertumbuhan sekitar 7 persen per tahun. Konsep bisnis franchise  memang diakui memang cocok untuk yang baru ingin memulai bisnis atau memperoleh pendapatan pasif.

Ketua Asosiasi Franchise  Indonesia Anang Sukandar menuturkan, perkembangan bisnis waralaba sempat terguncang ketika berada di situasi pandemi Covid-19. Beberapa yang  .terdampak seperti waralaba di sektor bisnis kuliner dan ritel. ”Karena aktivitas masyarakat dibatasi, maka banyak yang tutup,” ujarnya.

Keunggulan dari sisi konsumsi domestik itu diharapkan dapat menumbuhkan permintaan domestik yang tinggi sehingga membentuk pasar tersendiri. ”Permintaan domestik yang tinggi inilah yang membuat banyak investor ingin menanamkan modalnya. Salah satunya melalui konsep bisnis waralaba,” kata Anang.

Senada dengan Anang, Pemimpin Redaksi Majalahfranchise.com, Rofian Akbar juga menyatakan bahwa semangat kewirausahaan yang terjadi seperti sekarang ini, terus terang tidak bisa dilepaskan dari keberadaan merek-merek franchise  di Indonesia. 

Baca juga : Tekan Angka Kebutaan, Roche Indonesia Hadirkan Injeksi Mata Faricimab

“Dengan terus berekspansinya merek franchise  di tahun 2023 ini, implikasinya adalah makin memudahkan orang di pelosok negeri untuk menjadi wirausaha serta penciptaan lapangan kerja,” rincinya. 

Dari situ, Majalahfranchise.com bersama Asosiasi Franchise Indonesia merasa perlu terlibat memberikan apresiasi terhadap pemilik merek franchise  yang telah “berjuang” untuk bertahan dan berkembang dalam upayanya memberikan solusi terhadap masyarakat luas yang memiliki minat usaha tinggi. 

“Oleh karena itu, berkaitan dengan semangat kewirausahaan yang sedang tumbuh, serta untuk mendorong merek-merek franchise  Indonesia makin profesional dan tangguh, yang tidak hanya bisa berperan di kancah lokal tetapi juga internasional,”tutur Akbar.

“Maka sebagai wujud apreasiasi serta dedikasi kepada merek-merek franchise  yang terus berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia, di penghujung tahun 2023 ini Kami dan Asosiasi Franchise  Indonesia akan memberikan penghargaan dengan level tertinggi di Industri franchise  yakni Indonesia Franchise  of The Year 2023,” jelas Akbar. 

Baca juga : Zulhas: India Siap Kirim Beras

Ia melanjutkan penghargaan khusus ini diberikan kepada pada merek-merek franchise  terbaik di beberapa kategori bisnis, yang setiap tahun terus aktif melakukan pengembangan bisnis di seluruh Indonesia.

Berikut daftar peraih Indonesia Franchise of The Year 2023:

  1. Apotek K-24
  2. Depo Air Minum Biru
  3. Raywhite Indonesia
  4. Indomaret
  5. Tahu Jeletot Taisi.
  6. Martha Tilaar Salon Day SPA
  7. Kebab Turki Baba Rafi
  8. Melia Laundry
  9. D’Penyetz
  10. OTO Bento
  11. Crispyku

Berikut daftar peraih Indonesia Business Opprtunity of The Year 2023:

  1. Sugaku Sempoa& Math
  2. Mogami Drawing
  3. Tentang Kopi
  4. Kopi Dari Hati
  5. Warkop Naik Kelas
  6. De Wave SPA
  7. Chikuro
  8. Madeena Skin Clinic
  9. King Shield
  10. Mie Njerit.

“Kami dan Asosiasi Franchise  Indonesia mengucapkan selamat atas raihan prestasi ini, semoga mampu menambah akselerasi usaha dengan baik dan cepat serta tetap menjaga komitmen dalam menjalankan usaha,” tutup Akbar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.