Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Pinhome Berdayakan Ratusan Pekerja Difabel Lewat Layanan Servicenya

Selasa, 5 Desember 2023 05:28 WIB
Pinhome Berdayakan Ratusan Pekerja Difabel Lewat Layanan Servicenya

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari Disabilitas Internasional yang diperingati setiap 3 Desember menjadi momentum Pinhome pertegas komitmen dan dukungan terhadap komunitas difabel Indonesia. Salah satunya melalui layanan Pinhome Service, Pinhome telah memberdayakan 10.000+ RJP (Rekan Jasa Pinhome) – termasuk difabel – untuk berkontribusi dalam layanan home cleaning, cuci mobil, hingga pijat.

Rekan Jasa Endang Suhanda (Tuna Rungu) dari Tangerang Selatan mengaku menjadi RJP meningkatkan kualitas hidupnya. “Dulu saya tukang jahit, karena bosan dengan pekerjaan yang monoton, awal Maret lalu saya beranikan diri daftar jadi Rekan Jasa cuci mobil walaupun ditentang keluarga karena dianggap penghasilannya belum pasti seperti menjahit. Tapi ternyata saya suka, dan yang terpenting bisa menghasilkan. Pekerjaan sebagai pencuci mobil menyenangkan karena bisa ketemu artis yang pakai jasa Pinhome, bahkan diberikan makan dan minum juga. Saya bersyukur selalu bertemu dengan customer yang baik, ada yang mau berusaha komunikasi walau tidak sesuai standar Bisindo. Saya sekarang lebih enjoy bekerja dan merasa diterima masyarakat meskipun Tuna Rungu.” ungkapnya.

Baca juga : Firli Belum Bereskan Barang-barang Pribadi Di KPK Pasca Diberhentikan Sementara

Hal senada dikatakan pasangan suami istri Ridwan Kurniawan dan Yunita Persetiawati yang mengaku taraf hidupnya meningkat pesat sejak 2 tahun ini menjadi Rekan Jasa (Tuna Rungu). “Sebelumnya, kami tukang pijat panggilan tapi sejak pandemi order berkurang drastis. Penghasilan kami nol dan sangat susah cari pekerjaan baru, mau usaha tidak ada modal. Pelanggan yang dulu tidak mau ada kontak fisik karena takut covid. Kami bersyukur sekarang punya banyak teman disabilitas sesama Rekan Jasa sehingga kami lebih percaya diri dan banyak pengetahuan baru seputar pijat kesehatan dari pelatihan. Selain itu kami juga bisa punya uang lagi untuk memenuhi kebutuhan anak. Sekarang rasanya tidak minder lagi dengan keluarga lain,” jelas Yunita.

CEO & Founder Pinhome, Dayu Dara Permata mengaku bangga bekerja sama dengan ratusan difabel berbakat (72% Tuna Rungu, 28% Tuna Netra) di Jabodetabek dan Pulau Jawa. Pinhome berharap jumlahnya terus bertambah. Jangan khawatir, untuk memastikan kemudahan akses komunikasi dan keamanan saat bertugas, kami ciptakan fitur user friendly berupa in-app chat, call untuk terhubung dengan customer dan panic button untuk keadaan darurat saat bertugas maupun di jalan, yang akan menghubungkan mereka langsung dengan Satuan Tugas penanggung jawab area setempat. “Kami juga akan bertindak tegas jika dalam menjalankan tugasnya RJP mendapat perlakuan menyalahi norma,” tuturnya.

Baca juga : Serahkan Bantuan Buat Palestina Lewat Baznas, BPJS TK: Wujud Kepedulian Sesama

Dara mengatakan inovasi terhadap fitur-fitur tersebut akan terus dilakukan untuk mendorong lebih banyak lagi pekerja difabel di Indonesia semakin produktif.

“Kami percaya kekuatan keberagaman. Dengan memberikan peluang yang sama, kami bisa berkontribusi pada masyarakat dengan lebih nyata. Pinhome berkomitmen meruntuhkan batasan dan menciptakan tempat kerja di mana semua orang dapat berhasil. Terbukti, rata-rata Rekan Jasa Pinhome difabel mendapat rating memuaskan di setiap pekerjaannya.” pungkas Dayu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.