Dark/Light Mode

Tokopedia Dukung UMKM Berdayakan Difabel, Perempuan, Dan Petani

Kamis, 9 November 2023 20:07 WIB
Tokopedia terus berupaya menggencarkan inisiatif Hyperlocal untuk UMKM Indonesia. (Foto: Istimewa)
Tokopedia terus berupaya menggencarkan inisiatif Hyperlocal untuk UMKM Indonesia. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Hari Pahlawan, Tokopedia terus berupaya menggencarkan inisiatif Hyperlocal agar UMKM Indonesia bisa punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang dimana pun mereka berada.

Seperti diketahui, UMKM lokal berkontribusi lebih dari 60 persen terhadap PDB Indonesia. Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI mencatat, jumlah persentase UMKM mencapai 99 persen dari seluruh unit usaha, sedangkan UMKM mampu menyerap tenaga kerja hingga 96,9 persen.

"Tokopedia melalui inisiatif Hyperlocal terus memberi panggung bagi lebih dari 14 juta pelaku usaha di Indonesia, yang hampir 100 persen UMKM lokal. Melalui inisiatif ini, diharapkan UMKM Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang. Dengan teknologi geo-tagging, inisiatif Hyperlocal Tokopedia bisa mendekatkan penjual dan pembeli dimana pun mereka berada,"ujar Nafisah Wulandari, Head Of Region Growth Expansion Tokopedia dalam keterangannya, Kamis (9/11/2023).

Nafisah menambahkan, Hyperlocal Tokopedia ini memiliki berbagai manifestasi yang memiliki tools untuk memudahkan penjual dan pembeli.

Baca juga : Pembukaan Piala Dunia U-17 Bakal Meriah, Ada Aurelie Moremans Dan Wika Salim

Salah satunya, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. Ada pula Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual termasuk UMKM Indonesia menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.

Berkat Tokopedia Hyperlocal, beberapa daerah dikabarkan mengalami kenaikan transaksi sekaligus jumlah penjual yang pesat pasca pandemi.Kalimantan Timur, Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan, mengalami kenaikan rata-rata hingga hampir 3 kali lipat.

Sementara Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo hingga Papua Barat menjadi beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi nilai transaksi dengan kenaikan rata-rata hingga hampir 8 kali lipat.

"Hampers dan Parsel Makanan, Kesehatan dan Gaya Hidup, serta Pertanian adalah beberapa sub kategori produk dengan kenaikan tertinggi dengan kenaikan rata-rata hampir 18 kali lipat," imbuhnya.

Baca juga : Bamsoet Dukung Penyelenggaraan Balap Trek Lurus Harley Davidson

Ada pun tiga UMKM Lokal dari Tokopedia yang bisa disebut pahlawan ekonomi karena mampu memberdayakan masyarakat sekitar, seperti, Precious One (Jakarta), Kraosan (Kab. Magelang, Jawa Tengah) dan Awi Coffee (Binjai, Sumatra Utara) Ratnawati Sutedjo, Pemilik Usaha Precious One, mengaku sengaja memberdayakan teman-teman difabel untuk membangun bisnis kerajinan tangan guna membantu mereka agar terus berkarya.

"Berkat Tokopedia, Precious One berhasil menjangkau pasar lebih luas dan pendapatan dari penjualan dapat mendukung puluhan karyawan Precious One, termasuk belasan teman difabel yang merupakan teman tuna netra, tuna rungu, autis dan down syndrome," ujar Ratna.

Sementara, Tribuana Desy Ariyanti, Pemilik Usaha Kraosan, memiliki misi untuk memajukan serta mensejahterakan ibu-ibu dan masyarakat di Magelang.

Desy juga memberikan bantuan pendidikan kepada anak perajin Kraosan dan keluarga yang membutuhkan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Magelang.

Baca juga : Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia Penting Atasi Stunting

"Saat pandemi 2020, kami berinovasi membuat kemasan dari bahan baku lain, yaitu besek bambu sokase dengan menggandeng masyarakat sekitar di Magelang. Dan ternyata konsumen Tokopedia tertarik dengan kemasan bambu yang digunakan Kraosan. Berkat upaya tersebut, para perajin kami jadi bisa punya penghasilan sendiri untuk menopang kebutuhan keluarga mereka," ujar Desy.

Hal yang sama juga dilakukan Awi Coffee, Usaha Kopi Lokal milik Darwin Jaswin atau akrab disapa Awi ini memberdayakan petani kopi lokal di Gayo dan Tanah Karo.

"Para petani yang bekerja sama dengan kami ini berasal dari berbagai latar belakang. Seperti Pak Karo di Tanah Karo, beliau dulunya adalah guru olahraga yang kemudian mulai menanam kopi untuk meningkatkan potensi dari industri lokal kopi. Dan Tokopedia, berkontribusi hingga lebih dari 50 persen dari seluruh penjualan online produk kami," tutup Awi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.